Tanpa Terkecuali, Masuk Permukiman Villa Diamond Tiban Wajib Gunakan Masker
Oleh : Hadli
Jum\'at | 17-04-2020 | 18:52 WIB
spanduk-imbauan2.jpg
Spanduk imbauan wajib gunakan masker yang masuk Komplek Villa Diamond, Tiban Baru, Sekupang, Batam. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga Komplek Villa Diamond, Kelurahan Tiban Baru, Kecamatan Sekupang sepakat mengikuti anjuran pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona.

"Kami tidak ingin wabah covid-19 masuk di lingkungan perumahan ini, untuk itu sesuai hasil rapat bersama disepakati beberapa poin guna mendukung pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona," kata Irfan Riza Afandi, Ketua Rukun Warga 20, Kelurahan Tiban Baru kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (17/04/2020).

Ia menjelaskan, ada lima poin yang disepakati sesuai hasil rapat yang digelar perangkat RW20 dan RT01-04 beserta Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat di Mushola Nurul Abror pada Sabtu (11/04/2020) kemarin untuk diikuti warga RW20.

Pertama, warga Villa Diamond dianjurkan untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan rumah, mengontrol tempat tempat air yang bisa digunakan nyamuk berkembang biak, menyediakan tempat cuci tangan di depan rumah masing-masing serta berjemur antara pukul 09.00-10.00 WIB.

Kedua, wajib memakai masker jika keluar rumah dan menegur siapa saja yang hadir/ melintas di are lingkungan perumahan RW20 untuk memakai masker.

Selanjutnya, sedapat mungkin anak-anak menghindari bermain di luar rumah, tetapi jika terpaksa anak-anak bermain di luar rumah dimohonkan kepada orang tua untuk mengawasi agar mengindari berkelompok.

Seterusnya, warga wajib melaporkan kepada Ketua RT masing-masing bila ada keluarga atau saudara yang datang dari luar kota. "Terakhir, jika mengalami gejala flu atau batuk untuk tidak menunda berobat ke Puskesmas atau kelinik," tuturnya.

Ia mengatakan, tidak bisa melarang pedagang keliling maupun masyarakat lainnya masuk ke kawasan komplek. Namun orang luar yang masuk ke pemukiman RW 20, wajib mengenakan masker.

"Jika tidak menggunakan masker, silahkan keluar dulu mencari masker. Jika tidak jangan salahkan perangkat di lingkungan RW 20 dan warga mengambil langkah peneguran hingga penghalauan keluar. Ini sudah kesepakatan bersama mengantisipasi penyebaran corona," tutur Irfan Riza Afandi.

Spanduk imbauan wajib bermasker saat masuk Villa Diamond maupun warga yang keluar rumah dipasang perangkat RW dan RT setempat.

Ada tiga sepanduk imbauan bermasker yang serupa dipasang agar tidak hanya warga setempat, namun juga diketahui orang pada saat masuk perumahan Villa Diamond. "Mudah-mudahan wabah ini cepat berlalu," tutup Irfan.

Editor: Gokli