Kapasitas Hanya 90 Orang

Dihuni 235 Orang, Lapas Perempuan Batam Over Kapasitas
Oleh : Irwan Hirzal
Jumat | 28-02-2020 | 09:16 WIB
pas-lapas1.jpg
Lapas Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kota Batam saat ini menampung 235 orang tahanan. Jumlah ini jauh melebihi kapasitas yang hanya bisa menampung 90 orang.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala LPP Kota Batam Mulyani pada Kamis (27/2/2020) di Lapas Barelang. Ia mengaku meski over kapasitas berkomitmen menuju zona integritas WBK dan WBBM.

"Meskipun over, kami telah melaksanakan proses WBK, kemudian kami juga telah melaksanakan pembinaan kemandirian terhadap 140 orang warga binaan perempuan yang bersertifikasi," ujar Mulyani.

Tidak hanya itu, pada bulan Februari LPP telah menyelesaikan kegiatan keterampilan menjahit busana muslim atau baju gamis yang digunakan okeh tahanan itu sendiri.

"Kemudian kami juga telah mengusulkan program integrasi sosial sebanyak 48 orang. Untuk tahun 2020 kita usulkan 137 orang untuk mendapatkan remisi dari keseluruhan 235," ujarnya.

Sementara itu di bidang kesehatan pihaknya berkerjsama dengan Puskesmas Baloi dalam mengecek kesehatan seluruh tahanan secara rutin.

"Apabila mereka memiliki penyakit yang tidak bisa diatasi di dalam lapas kita lakukan rujuk RS Embung Fatimah atau RS BP Batam," tutupnya.

Editor: Yudha