Gelar Donor Darah ke-5, RSSD Batam Berhasil Kumpulkan 52 Kantong Darah
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 17-12-2019 | 17:52 WIB
rssd-donor.jpg
Donor darah ke-5 yang diadakan RSSD Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 52 kantong darah terkumpul dalam kegiatan Donor Darah Rumah Sakit Soedarsono Darmosoewito (RSSD) Kawasan Industri terpadu Kabil, Nongsa, Batam, Selasa (17/12/2019).

Donor darah yang ke-5 ini merupakan agenda rutin RSSD bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam guna memenuhi kebutuhan persedian darah di Kota Batam.

Kegiatan donor darah ini dihadiri instansi dan perusahaan di Kota Batam, seperti Kepolisian Daerah (Polda) Kepri, PT Yokohama Industrial Manufacturing, PT Enerco RPO Internasional, PT Austin Engineering Indonesia, Batam View Resort, dan sebagainya.

Koordinator Lapangan Kegiatan Donor Darah RSSD Batam ke-5 tahun 2019, Titis Herlinda mengucapkan, terima kasih kepada para peserta perwakilan dari instansi dan perusahaan yang yang berpartisipasi mengikuti kegiatan donor darah.

Ia bersyukur kegiatan donor darah ini berjalan dengan lancar. "Alhamdulillah, tak ada kendala apapun kegiatan berjalan dengan sukses," katanya yang berprofesi sebagai Kepala Bidang Keperawatan RSSD Batam.

Ia menyampaikan di bulan Maret 2020 mendatang, RSSD kembali menggelar kegiatan ini. "Setiap tiga bulan RSSD (Rumah Sakit Soedarsono Darmosoewito) Batam rutin menggelar kegiatan donor darah," ujarnya.

Menurut Titis, donor darah mempunyai banyak manfaat seperti memproduksi darah kembali. Mengurangi penyakit jantung, kanker, membakar kalori.

Manfaat lainnya, mendeteksi ada tidaknya penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sipilis, dan malaria. Karena setelah donor darah darahnya tidak langsung dipakai karena melalui pemeriksaan dahulu.

"Selain baik untuk tubuh kita, dengan donor darah kita ikut membantu memenuhi persediaan darah di PMI Kota Batam serta memupuk rasa peduli terhadap sesama," ucapnya.

Peserta Donor Darah RSSD Batam, Endra mengatakan, aktif mengikuti kegiatan donor darah dan sudah merasakan manfaaat yang baik bagi kesehatannya. "Kegiatan donor darah ini bersifat sosial bisa membantu bagi yang membutuhkan," ungkap salah satu anggota Polda Kepri ini.

Peserta, Susantrio mengatakan, sudah melakukan donor darah ke-72 kalinya. Ia mengaku rutin menghadiri kegiatan donor darah.

"50 kali donor darah saya mendapat penghargaan dari perusahaan, saya mendapat informasi ada kegiatan di sini (RSSD) donor darah saya siap menjadi pendonor darah," kata peserta dari PT Enerco RPO Internasional.

Untuk manfaat, dia merasakan badannya makin sehat walaupun usianya sudah lebih dari 60 tahun. "Saya mengucapkan terima kasih kepada PMI (Palang Merah Indonesia) yang bikin saya sehat," ujarnya.

Editor: Gokli