Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Donor Darah PKP Peduli Diikuti 216 Orang Pendonor
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 09-12-2019 | 14:16 WIB
donor-darah-pkp.JPG Honda-Batam
Suasana kegiatan donor darah PKP Peduli di Mega Mall Batam Center. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Acara sosial rutin per dua setengah bulanan dari developer terkemuka di Kota Batam, PKP kembali hadir. Kali ini adalah event sosial donor darah di lantai 2 Mega Mall Batam Centre, Sabtu (7/12/2019).

Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB itu diakhiri sekitar pukul 16.30 WIB dan melayani 216 calon pendonor. Dari kegiatan sosial itu, berhasil menghumpulkan 151 kantong darah. Jumlah tersebut dapat digunakan untuk mencukupi stok darah di Batam untuk 1 bulan kedepan.

Manager Promosi dan CSR PKP, Gentur, mengatakan, darah yang terkumpul tersebut akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan darah PMI Batam. Dari pihak PMI hadir 10 orang yang ikut bekerja.

Selain dua orang dokter, juga ada 5 orang tenaga medis dan 3 tenaga admin termasuk di dalamnya tenaga penginput data memakai komputer. Sehingga data calon pendonor bisa terinput secara online.

Salah satu manfaat input data tersebut adalah, calon pendonor menjadi tahu kapan terakhir mendonor. Karena bisa dilihat di inputan data. Untuk proses pengambilan darahnya dengan menyediakan 10 tempat tidur.

Gentur menambahkan, pihak PKP Peduli mengucapkan banyak terimakasih dan apresiasi atas partisipasi para pendonor yang telah datang, antri dan sudi menyumbangkan darahnya untuk kebutuhan kemanusiaan.

Sebagian besar dari calon pendonor adalah mereka yang sering ikut rutin dalam kegiatan PKP Peduli yang sudah berlangsung selama 11 tahun itu.

Sebagai informasi, menurut salah satu tim medis PMI, Wiwid, bahwa terakhir kali, secara medis untuk calon pendonor dibatasi minimal 3 jam. Yakni, jarak antara makan dengan waktu pengambilan darahnya.

Hal ini dikarenakan rentang waktu tersebut maka hasil darah yang diambil lebih berkualitas, jika dibandingkan dengan jika diambil dengan jarak antara makan dengan pengambilan darahnya lebih pendek waktunya.

Editor: Dardani