BMKG Prakirakan Natuna Masih Diguyur Hujan Hingga Akhir Desember 2019
Oleh : Kalit
Kamis | 12-12-2019 | 19:52 WIB
001_ilustrasi_hujan01.gif
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Natuna - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Natuna masih akan diguyur hujan hingga akhir Desember ini.

Hal ini disampaikan prakirawan BMKG Ranai-Natuna, Asrul Saparuddin, setelah menganalisa data pantauan satelit BMKG dari November hingga awal Desember ini.

"Potensi terjadinya hujan akan selalu ada sepanjang bulan Desember," ucap Asrul kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (12/12/2019).

Lebih jelas, BMKG Natuna memantau keadaan curah hujan melalui data series pola hujan. Dikatakan Asrul, potensi hujan hampir di berbagai wilayah Kabupaten Natuna.

Untuk peluang terjadinya petir saat hujan berlangsung, Asrul menyampaikan, tidak terlalu berpotensi besar. Namun untuk curah hujan akan sering terjadi hingga akhir tahun 2019.

"Petir ada tetapi peluangnya untuk saat ini kecenderuangan sedikit, karena potensi awan lebih kecendrungan menyebar dan meluas," tuturnya.

Sementara untuk potensi angin, Asrul kembali menjelaskan, kondisi angin kecenderungan masih dari arah Utara hingga Timur dengan kecepatan angin berkisar 10 Km/Jam hingga 40 Km/Jam. Diprakirakan untuk beberapa hari kedepan sifat angin sedikit melemah berkisar 0,5 Km/Jam hingga 30 Km/Jam.

"Ada dua kondisi yang mempengaruhi pergerakan angin yaitu dari wilayah Utara karena masih adanya daerah tekanan tinggi di daratan China pergerakan angin ini lebih kontiniu tetapi untuk beberapa hari ke depan sedikit melemah dan pergerakan angin dari proses pembentukan awan biasanya kejadiannya dari awan konvektif tebal berlangsung kecendrungan cepat tetapi singkat atau sebentar," jelasnya.

"Untuk masyarakat dengan kondisi cuaca saat ini untuk selalu barhati-hati dalam beraktivitas baik di darat maupun di laut karena saat ini potensi cuaca buruk dapat terjadi secara tiba-tiba. Harap selalu mewaspadai," imbaunya.

Berdasarkan pantauan BATAMTODAY.COM, untuk wilayah Kota Ranai, Natuna, curah hujan berlangsung secara terus menerus, hujan tidak berhenti, terkadang gerimis dan hujan lebat. Hujan ini telah berlangsung selama 7 hari.

Editor: Gokli