Pencetakan KPT-el Terkendala Blangko, Warga Sagulung: dari Tahun ke Tahun Habis Melulu
Oleh : Hendra
Rabu | 23-10-2019 | 18:04 WIB
ktp-el-habis-sagulung.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pencetakan KTP-elektronik di Kecamatan Sagulung terkendala blangko sejak bulan April 2019 lalu. Hal ini membuat proses pembuatan KTP-el banyak dipending dan warga sementara waktu hanya diberikan surat keterangan (suket) perekaman, Rabu (23/10/2019).

Menanggapi hal ini, banyak warga yang mengeluh karena persoalan blangko KTP-el yang senantiasa selalu bermasalah setiap tahunnya tak kunjung juga teratasi. "Dari tahun ke tahun persoalan KTP-el ini gak pernah kelar. Presiden udah dilantik lagi, kini tetap aja blanko masih kurang," jelas Abdul, salah satu warga di Kecamatan Sagulung.

Tak hanya di media sosial, Risma seorang warga Sagulung mengeluhkan hal yang sama. Ia tetap mempertanyakan persoalan pencetakan KTP-el yang begitu lama, dengan alasan utama pengiriman blangko yang terbatas dari ibukota.

"Ini udah berbulan-bulan KTP keluarga uni gak jadi-jadi. Alasannya blanko dari Disduk habis," terangnya.

Sebelumnya Sekretaris Camat (Sekcam) Sagulung, Hardianus mengatakan, sejak April 2019, blanko e-KTP di Kecamatan Sagulung tak pernah lagi masuk. Penyebabnya adalah pasokan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam yang tak pernah lagi datang.

"Sejak bulan April 2019 blanko tak pernah lagi masuk ke Kantor Camat Sagulung," terangnya singkat, Selasa (23/10/2019) kemarin.

Untuk sementara hingga Oktober 2019, pencetakan KTP-el di Kecamatan Sagulung telah dipending. Meski begitu, bagi yang melakukan perekaman tetap diterima dan akan ada diberikan suket tanda perekaman.

"Pencetakan kita pending dan kita ganti dengan suket. Rata-rata dalam setiap hari 50 sampai 60 suket kita keluarkan," pungkasnya.

Editor: Gokli