Drainase di Simpang Kavling Baru Sagulung Dipenuhi Rumput Liar
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 23-10-2019 | 14:28 WIB
dipenuhi-parit.jpg
Kondisi parit di Simpang Kavling Lama Batuaji yang dipenuhi rumput. (Foto:Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tidak hanya drainase di sepanjang Simpang Putri Hijau menuju Kantor Camat Sagulung yang ditumbuhi tanaman liar. Drainase kecil di sepanjang Simpang Kavling Baru juga mengalami hal sama.

Pantauan BATAMTODAY.COM, di lokasi drainase yang juga tak jauh dari Perumahan Graha Nusa Batam itu, tampak kangkung, enceng gondok dan rumput liar lainnya itu menutupi drainase secara penuh.

Di sekitarnya tak terlihat lagi parit yang jernih karena telah hijau oleh rerumputan. Ukurannya yang tidak sebesar drainase utama, memang tidak terlalu menjadi perhatian khusus.

Meski begitu, keberadaan drainase mini ini sangat penting, karena aliran air dari arah ujung Perumahan Graha Nusa Batam dan kavling di belakangnya menuju drainase utama di depan jalan raya, persis di jalan depan Jembatan Kavling Baru itu bergantung pada kondisi parit kecil ini.

Jika tidak turut dibersihkan, alamat banjir dadakan saat hujan deras mendera akan mudah menggenangi jalan di sekitar area.

"Tak hanya itu, parit kecil ini juga berada di area dekat tempat pembuang sampah sementara," ujar Hotni Simamora, warga sekitar lokasi parit, Rabu (23/10/2019)

Sementara itu, Budi, operator alat berat Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Batam saat diwawancara di sekitar area pengerjaan normalisasi drainase induk Putri Hijau, mengatakan hanya mengerjakan proyek yang telah diperintahkan oleh instansinya.

Untuk drainase lainnya di sekitar Kecamatan Sagulung, disebut Budi pengerjaannya akan ditentukan nanti jika dari DBMSDA sendiri ada perintah pengerjaan.

"Cuma sampai di sini pengerjaannya bang, gak sampai ke sana. Mungkin besok lagi lagi baru dapet perintah," jelasnya singkat.

Editor: Dardani