Pastikan Tak Ada Persoalan Lahan, Amsakar Tinjau Pasar Induk Jodoh
Oleh : Putra Gema
Selasa | 22-10-2019 | 16:28 WIB
pasar-indok-jodoh.jpg
Kondisi Pasar Induk Jodoh sebelum dilakukan penataan ulang. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad akan meninjau Pasar Induk Jodoh.

Peninjauan ini nantinya juga akan didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, Gustian Riau.

Amsakar mengatakan, sebelum membangun Pasar Induk Jodoh yang baru, pemerintah harus memastikan status lahan dan kedudukan aset terlebih dahulu. "Siang ini saya tinjau. Negara, kalau mau lakukan tambah atau kurang, harus jelas berapa nilai aset. Setelah itu baru dihapus aset. Ini butuh waktu," kata Amsakar ketika ditemui di Pemko Batam, Selasa (22/10/2019).

Ia mengungkapkan, pasar induk ini sangat dibutuhkan di Kota Batam, agar harga kebutuhan pokok masyarakat terus stabil. Selain itu, sambil menunggu dibangunnya pasar induk, Pemerintah Kota Batam juga membangun pasar TPID.

"Kita juga punya Pasar TPID, langsung distributor yang berkontribusi agar barang di situ harganya sama dengan distributor dan ini akan meringankan masyarakat," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Batam, Gustian Riau mengatakan, pedagang dari Pasar Induk akan rampung direlokasi, Oktober ini.

Ia mengatakan, dengan ini kegiatan penertiban tidak bisa lagi ditunda. Untuk diketahui, tarik ulur penertiban Pasar Induk yang akan dibangun kembali ini selalu mengalami penundaan.

"Pemerintah pusat sudah mendorong pembersihan untuk memastikan Batam dapat (program) revitalisasi pasar ini. Walau demikian, berbagai tahapan sudah dimulai. Salah satunya menertibkan pedagang di row jalan sekitar pasar," ujarnya.

Editor: Gokli