Lantamal IV Gelar Penyuluhan dan Baksos di Kelurahan Sambau Nongsa
Oleh : Putra Gema
Senin | 29-07-2019 | 10:29 WIB
daftar-baksos-IV.jpg
Masyaakat Sambau, Kecamatan Nongsa, Batam antusias mengikuti Baksos Lantamal IV, Senin (29/7/2019). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pangkalan Utama Angakatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang menggelar bakti sosial Baksos Kesehatan secara gratis di Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Senin (29/7/2019).

Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I), Laksamana Muda TNI Yudo Margono menjelaskan, khitanan massal, pengobatan umum dan pengecekan gigi ini dalam rangka Operasi Teritorial TNI 'Galang-01' tahun 2019.

"Ini adalah sinergi yang baik sebagai bentuk pengabdian TNI kepada masyarakat yang nyata serta sesuai dengan nilai-nilai yang dimiliki oleh TNI," kata Yudo kepada BATAMTODAY.COM, Senin (29/7/2019).

Ia menjelaskan, selain kegiatan Baksos, pihaknya juga akan melakukan penyuluhan kepada masyarakat. Hal ini melihat posisi Batam yang berbatasan langsung dengan dua negara tetangga, Singapura dan Malaysia.

"Sengaja saya pilih di wilayah Batam karena ini adalah wilayah yang paling berdekatan dengan Singapura, di mana ini menjadi wilayah yang sangat intim. Jadi nanti kami akan melakukan penyuluhan kepada masyarakat agar tidak ada pelanggaran di wilayah laut," jelasnya.

Selain itu, pihaknya pun akan melakukan renovasi dua masjid dan satu Posyandu. Renovai ini dilakukan pada dua lokasi berbeda, antara lain di Desa Sambau dan Desa Sembulang.

Ditambahkan Kadiskes Lantamal IV Tanjungpinang, Mayor (K) Suryatno, sampai dengan saat ini 500 orang sudah mendaftar untuk mengikuti pengobatan umum. Sebanyak 150 masyarakat yang mengikuti pengobatan gigi dan 50 anak-anak mengikuti khitanan.

"Tetapi dari pelaksanaannya sekarang, masyarakat yang mengikuti kegiatan kesehatan ini diperkirakan akan terus bertambah melihat apresiasi mereka yang sangat tinggi," tutupnya.

Editor: Gokli