Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Kepri Rendah
Oleh : Saibansah
Minggu | 14-07-2019 | 19:04 WIB
dirjen-pajak-kepri.jpg
Kepala Kanwil DJP Kepri, Slamet Sutantyo saat bersilaturrahmi dengan pers di acara Media Gathering. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tingkat kepatuhan para wajib pajak (WP) di Provinsi Kepri masih bertengger di angka memprihatinkan, 35 persen. Padahal, pemerintah telah menjadikan pajak sebagai salah satu sumber utama untuk pembangunan bangsa dan negara.

Demikian ungkap Kepala Kanwil DJP Kepri, Slamet Sutantyo saat Media Gathering bersempena Hari Pajak yang jatuh pada setiap tanggal 14 Juli itu di Kantor Kanwil JDP Kepri, Baloi Batam, Minggu (14/7/2019). "Tingkat kepatuhan wajib pajak di Kepri masih dalam taraf angka yang memprihatinkan," ujarnya.

Saat ini, lanjut Slamet, jumlah WP di Kepri berjumlah 784.438 orang dan badan. Rinciannya, 523.116 WP perorangan, dan WP Non karyawan sebanyak 194.074 orang dan WP Badan Usaha sebanyak 66.448. Dari total angka WP tersebut, yang menyerahkan
Surat Pemberitahuan Tugasan (SPT), atau laporan laporan Pajak sebanyak 243.232 SPT.

Meski demikian, dari sisi realisasi pertumbuhan perolehan pajak, Kanwil DJP Kepri mencatat pertumbuhan 5,81 persen. Pada posisi per tanggal 13 Juli 2019, realisasi perolehan pajak di Kepri sebesar Rp 3.370.180.385.733 atau 47,57 % dari target yang ditetapkan.

Melalui kegiatan Media Gathering bertajuk, "Sinergi Wujud Reformasi Perpajakan" itu, Kakanwi DJP Kepri ingin membina hubungan dan kemitraan yang baik dengan insan media di Kepri. Termasuk, dengan para konsultan pajak yang merpakan mitra strategisnya.

"Media massa dan awak media adalah mitra kami, sebagai instansi keuangan pemerintah pusat di daerah, yang berhubungan langsung dengan instansi pemerintah daerah, swasta, dan masyarakat," ujar Slamet Sutantyo.

Kepala Kanwil DJP Kepri, Slamet Sutantyo juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada awak media yang telah mendukung publikasi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Kanwil DJP Provinsi Kepulauan Riau. Sehingga bisa meningkatkan pendapatan keuangan negara di daerah.

Selain menggelar Media Gathering, Hari Pajak tahun ini diperingati dengan penuh kemeriahan tapi sederhana oleh para karyawan Kantor Pelayanan Pajak (KKP) se-Kepri dan karyawan Kanwil DJP Kepri.

Editor: Surya