Mappilu PWI Kepri Desak KPU Percepat Distribusi Logistik Pemilu
Oleh : Redaksi
Senin | 15-04-2019 | 17:16 WIB
lipat-surat-suara-tpi11.jpg
Pelipatan surat suara di KPU Tanjungpinang. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemilu tinggal dua hari lagi. Tapi hingga Senin (15/4/2019), logistik Pemilu belum terdistribusikan ke seluruh kecamatan di Kota Batam. Ini dikhawatirkan akan menggangu proses Pemilu di kota ini.

Terhambatnya distribusi logistik Pemilu ini diungkapkan Ketua Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (MAPPILU) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri, Priya Ribut Santosa.

Ribut mengungkapkan bahwasannya hingga siang ini KPU Batam baru mengirim logistik Pemilu ke empat kecamatan.

"Padahal Pemilu tinggal 2 hari lalu. Logistik itu harusnya sudah sampai ke kelurahan (PPS) pada H-1. Kalau distribusinya masih belum sampai ke seluruh kecamatan dikuatirkan Pemilu di Batam terganggu," ujar Ribut.

Logistik yang telah diditribusikan sepengetahuan Mappilu PWI Kepri itu yakni untuk tiga kecamatan di daertah hinterland serta satu daerah mainland yakni Batam Kota.

"Yang kami pantau di lapangan, masih ada 8 kecamatan yang belum terdistribusi. Jadi kami minta KPU Batam agar menggesa ini karena logistik sangat penting," ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwa walaupun terkesan mendesak, proses distribusi logistik harus sesuai aturan karena menurut Mappilu PWI Kepri, salah satu kerawanan Pemilu adalah pada tahapan distribusi logistik.

"Mappilu PWI Kepri akan terus pantau setiap tahapan Pemilu untuk memastikan berjalan sesuai aturan yang berlaku," ujarnya.

Logistik Pemilu itu berupa kotak suara, surat suara, alat untuk mencoblos, dokumen resmi, kertas segel dan kebutuhan Pemilu lainnya.

Editor: Yudha