Kapolda Kepri dan Jajaran Nobar

Film 'Pohon Terkenal' Menginspirasi Anak Muda Jadi Anggota Polri
Oleh : Hadli
Rabu | 27-03-2019 | 14:17 WIB
nobar-polda1.jpg
Nonton bareng film 'Pohon Terkenal' Polda Kepri.(Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, Waka Polda Kepri Brihjen Pol Yanfitri Halimansyah bersama Pejabat Utama Polda Kepri dan keluarga berkesempatan nobar film 'Pohon Terkenal' di Bioskop XXI Mega Mall, Senin (26/3/2019) malam.

"Film Pohon Terkenal ini kisah kehidupan Akademi Kepolisia (Akpol) yang menginspirasi generasi muda, bahwa masuk polisi tidak dipungut biaya sepersen pun. Menjadi seorang anggota Polri harus didasari dengan kerja keras serta doa dan dukunagan dari orang tua," ungkap Kapolda usai nobar.

Istilah Pohon Terkenal di Akpol adalah sosok taruna yang kerap mendapat hukuman dari pelatih karena ketidak disiplinan mereka. Sosok 'Pohon Terkenal' dalam film yang disutradarai Monty Tiwa dan Annis Meutia produksi Divisi Humas Mabes Polri ini adalah Umay Shab yang memerankan sosok Bara Maulana.

Andap melanjutkan, film ini tidak kalah jauhnya dengan pendidikan di Akpol selama 4 tahun. Dimana selama masa pendidikan, para Taruna dan Taruni Akpol digembeleng dan dilatih dengan tegas agar menjadi seorang perwira polri yang handal dan berwibawa.

"Secara pribadi, film ini mengisahkan sejuta kisah Akpol dan juga menggambarkan kehidupan Taruna dan Taruni di Akademi Kepolisian yang di dalamnya ada pendidikan yang ketat sehingga bisa menghasilkan kelukusan yang menjadi seorang perwira polri handal. Selain itu, karena ada bumbu kisah asmara dan komedi, keluarga jajaran Polda Kepri juga merasakan terhibur," tuturnya.

Bara merupakan remaja lulusan SMA yang sama sekali belum memiliki pandangan masa depan. Dalam film ini, bara hanya memiliki seorang ibu yang sakit-sakitan. Ibunya mendesak Bara untuk masuk Akpol karena ia tau menjadi seorang anggota Polri tidak dipungut biaya alias geratis.

Satu waktu, ibu bara dirawat di rumah sakit. Bara mendoakan kesembuhan ibunya dan bernazar akan menuruti kemauan sang ibu untuk mendaftar di Akpol. Dalam satu angkatanya ia bertemu seorang Taruni Akpol bernama Ayu Sekarwati yang diperankan oleh Laira Theux serta sahabatnya Johanes Solossa yang diperankan Raim Laode.

"Disetiap angkatan pasti ada sosok taruna yang mendapat gelar Pohon Terkenal," tutup Akpol 1988 tersebut.

Editor: Yudha