Dua Kapal Induk Basarnas Dikerjakan PT KAS Tanjunguncang
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 26-03-2019 | 16:05 WIB
kepala-bnnp-tpi1.jpg
Kepala BNPP, Marsekal TNI Bagus Puruhito. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP), Marsekal TNI Bagus Puruhito melakukan pengecekan proses pembuatan dua kapal induk Basarnas di galangan kapal PT Karimun Anugrah Sejati (KAS) di Tanjung Uncang, Batam, Senin (25/3/2019).

"Dua kapal induk dalam proses pembuatan di Batam," ujar Bagus saat kunjungan kerja ke Basarnas Tanjungpinang, Selasa (26/3/2019).

Bagus menjelaskan, kapal induk berukuran 66 meter ini bisa memberikan bantuan ke kapal rescue seperti bahan bakar, air dan semacam kapal komando dan pertolongan, selam menyelam. Juga memiliki landasan untuk helikopter (helipad) dan gemper.

"Kapal itu cukup besar," katanya.

Menurutnya, untuk penempatan kapal induk ini nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan karena Basarnas saat ini hanya memiliki dua kapal induk. Sehingga dilakukan penambahan dua unit lagi yang sedang dikerjakan di Tanjunguncang Batam.

"Saya pikir Tanjungpinang sangat penting untuk memiliki satu kapal induk rescue ini. Larena wilayahnya perbatasan langsung negara luar sehingga kemampuan baik personil maupun sarana prasarana sangat penting," jelasnya.

Selain itu pihaknya juga akan menambah sarana udara seperti helikopter rescue tetapi perencanaan itu nantinya akan disesuaikan dengan anggaran pemerintah.

Editor: Yudha