Manggala Agni Batam Sudah Padamkan 97,9 Hektar Hutan dan Lahan yang Terbakar Hingga Maret 2019
Oleh : Hendra
Kamis | 21-03-2019 | 13:52 WIB
hutan_bakar_terbakar.jpg
Kebakaran hutan dan lahan di Batam (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sepanjang 2019 hingga Maret ini, total 97,9 hektar hutan dan lahan yang terbakar dan telah dipadamkan oleh Manggala Agni Daops Batam KLHK Wilayah Sumatera.

Hal ini disampaikan oleh Ihsan Abdillah, Kepala Manggala Agni Daops Batam KLHK Wilayah Sumatera, di mana sejauh ini dari total jumlah area hutan yang telah mereka bantu proses pemadamannya di 19 titik lokasi, terdapat 97,9 hentar area yang ludes dibakar si jago merah.

"Sejauh ini dari total lahan yang telah kita padami, terdapat 97,9 hektar area secara keseluruhan, dan itu di luar area yang dipadami oleh Pemadam BP Batam dan Pemko," ujarnya.

Sementara itu, saat ditanyakan berapa jumlah titik lokasi kebakaran yang telah mereka bantu pemadamannya, Ia mengatakan total area itu semua berasal dari 19 titik lokasi yang berbeda.

"Yang paling luas kebakarannya ya Tanjung Riau kemarin, totalnya ada sekitara 30 hektar area. Terus yang ke-2 ada di wilayah Kelurahan Sembulan, Kec. Galang totalnya ada 15 hektar," lanjutnya.

Sementara itu untuk kebakaran yang melanda wilayah sekitar area Dam Duriangkang kemarin Ia mengatakan ada seluas 10 hektar area.

"Untuk kendalanya kemarin di Duriangkang ya karena lokasinya berada di daerah waduk, dan kita harus menyeberang karena tidak ada akses jalan. Jadinya kemarin kita turun bersama tim gabungan, Kepolisian, TNI dan BP Batam menaiki boat," jelasnya.

Ihsan juga mengatakan, jika ditotalkan jumlah kembakara yang melanda Batam sejauh ini. Mungkin ada sekitaran 250 hektar lahan dan hutan yang telah habis terbakar.

"Itu digabungkan semua dari lahan yang dipadamkan BP Batam, Pemko dan Manggala Agni," pungkasnya

Editor: Surya