Rudi Sebut Proyek Jalan Tol Masih Belum Ada Kabar Baik
Oleh : Nando Sirait
Kamis | 21-03-2019 | 12:52 WIB
walikota-rudi.jpg
Wali Kota Batam Muhammad Rudi. (Foto: Nando).

BATAMTODAY.COM, Batam - Proyek pembangunan jalan tol sepanjang 25 km di Batam, tampaknya belum akan dimulai tahun ini. Hal itu langsung dikatakan Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Kamis (21/03/2019) siang.

Adanya pernyataan orang nomor satu di Kota Batam ini, seakan membuyarkan janjinya kepada masyarakat Batam yang kerap disampaikannya dalam setiap kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) di beberapa Kecamatan.

Ditemui di Kantor Wali Kota Batam, mengenai proyek dari pemerintah pusat tersebut, Rudi enggan berkomentar banyak, dan hanya mengatakan masih belum mendapat kabar proses pengerjaan, seharusnya realisasi pengerjaan dilakukan pada tahun 2019.

"Belum, belum ada," ujarnya sambil berlalu.

Sebelumnya, jalan bebas hambatan ini direncanakan menghubungkan kawasan Batuampar-Mukakuning-Bandara Hang Nadim. Dan tahun lalu, kegiatannya masuk dalam proyek strategis nasional Indonesia 2018. Diperkuat lagi dengan adanya Peraturan Presiden Nomor 56 Tahun 2018.

Pembangunan jalan tol ini, diharapkan menjadi solusi untuk kemacetan kendaraan di Batam kedepannya. Disamping untuk mempermudah dan memperlancar arus keluar-masuk barang dari kawasan industri ke pelabuhan atau bandara.

Muhammad Rudi menjelaskan, dengan adanya proyek strategis dari Pemerintah Pusat ini, Pemko Batam mengungkapkan ingin kembali menghidupkan industri di Batam. Hal ini sendiri juga kerap dilontarkannya, tidak hanya dalam kegiatan Musrembang saja tetapi juga dalam pertemuan lainnya.

Proyek pembangunan jalan tol Batam sendiri, untuk diketahui sudah mulai disosialisasikan dari tahun 2016 lalu. Namun saat itu, belum ada kepastian terkait realisasinya, hingga saat ini.

Editor: Chandra