Antrian Solar Terjadi di Sejumlah SPBU Kota Batam
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Rabu | 20-03-2019 | 14:19 WIB
antrian-spbu2.jpg
Antrian solar di SPBU Regata. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Antrean panjang kendaraan yang hendak mengisi BBM solar terjadi hampir di seluruh SPBU Kota Batam, Rabu (20/3/2019).

Pantauan BATAMTODAY.COM, terlihat padatnya antrean kendaraan berbahan bakar solar terjadi hampir di seluruh SPBU Kota Batam mulai pagi hingga siang hari. Bahkan di beberapa SPBU sudah kehabisan BBM jenis solar.

Antrean tersebut bahkan mengganggu arus lalu lintas, sebab kendaraan yang rata-rata bermuatan besar sampai memakan badan jalan, salah satunya seperti yang terlihat di SPBU Regata, Rabu (20/3/2019).

Menanggapi hal tersebut, Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR l, M Roby Hervindo menjelaskan, antrean kendaraan bukan disebabkan karena solar yang langka, hal ini karena pihaknya sudah mendistribusikan pasokan solar seperti hari-hari biasanya.

Data perbandingan konsumsi solar sejak awal Januari lalu hingga Maret 2019 memang menunjukan adanya peningkatan, bulan ini ada kenaikan konsumsi solar menjadi 112 persen dibanding sebelumnya.

"Memang ada peningkatan konsumsi solar, tapi kami tetap salurkan seperti biasa," kata Roby melalui telepon selulernya.

Terkait dengan penyebab tingginya konsumsi BBM solar, pihaknya belum mengetahuinya secara pasti, Roby berharap masyarakat mau berkoordinasi dengan pihak terkait apabila menemukan adanya indikasi penyalahgunaan solar.

Dirinya mengatakan, informasi langsung dari masyarakat sangat bermanfaat terkait BBM. Pertamina memang tidak memiliki wewenang untuk menindak, namun mereka biasa meneruskan informasi itu ke polisi.

"Kami butuh masyarakat untuk ikut mengawasi di tingkat pengecer agar terkendali," tutupnya.

Editor: Yudha