Suwarsono Meregang Nyawa Dalam Tangki

Laka Kerja di PT KMJ, Dua Pekerja yang Berupaya Menolong Suwarsono Jatuh Pingsan
Oleh : Hendra Mahyudi
Sabtu | 23-02-2019 | 19:28 WIB
laka-kerja-batam.jpg
Istri korban laka kerja menangis histeris saat tiba di RSBP Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kecelakaan kerja di PT Karya Mauna Jaya (KMJ) Sekupang, Sabtu (23/2/2019) sekitar pukul 12.00 WIB, merenggut nyawa Suwarsono, seorang pekerja di perusahaan tersebut. Suwarsono meregang nyawa usai masuk ke tangki tongkang yang berisi udara beracun.

Dua rekan kerja Suwarsono, M. Kamil dan Ahmad Sidik, yang mengetahui dirinya masuk ke dalam tangki untuk mengambil helm yang terjatuh, sempat juga berupaya menolong korban setelah lama tidak keluar. Namun naas, keduanya juga jatuh pingsan di dalam tangki.

"Saya sempat membantu mencari dia (Suwarsono) ke bawah, katanya dia masuk ke tangki buat ngambil helmnya yang jatuh. Tapi kok lama," ujar M. Kamil, saksi yang kabarnya juga memiliki hubungan keluarga dengan korban, Sabtu (23/2/2019).

Saat Kamil masuk ke dalam tangki, dia tidak menyadari bahwa tangki tersebut memiliki udara yang beracun dan juga pengap, ia pun mendadak pingsan. Sedangkan A. Sidik yang berinisiatif turun ke dalam untuk membantu, dan juga ikutan pingsan.

Ketiga korban yang berada dalam tangki itu kemudian diangkat petugas pemadam kebakaran perusahaan setelah terlebih dahulu mengaliri sirculasi udara.

"Saya tidak sadar, tahu-tauunya saat siuman sudah di rumah sakit," ujar M. Kamil, yang duduk di bangsal kamar jenazah Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) BP Batam, Sekupang.

Hingga berita ini diunggah, belum diperoleh keterangan resmi dari pihak perusahaan. Begitu juga pihak kepolisian, belum memberikan keterangan terkait kronologis kejadian, karena masih melakukan lidik kepada para saksi.

Sebelumnya, kecelakaan kerja yang terjadi di PT Karya Mauna Jaya (KMJ) Sekupang, Sabtu (23/2/2019) sekitar pukul 12.00 WIB, mengakibatkan 1 orang pekerja tewas dan dua lainnya mendapat perawatan di Rumah Saki BP Batam.

Informasi yang dihimpun, korban meninggal dunia bernama Suwarsono, siang itu masuk ke dalam tangki tongkang untuk mengambil helmnya terjatuh. Namun sayang, karena tangki tersebut hampa udara korban pun kehabisan oksigen hingga akhirnya ditemukan tak bernyawa.

Editor: Chandra