Mustofa Widjaja Minta Kebijakan Pengiriman Barang dari Batam Disosialisasikan
Oleh : Roni Ginting
Jum\'at | 22-02-2019 | 08:40 WIB
mustofa-caleg-dpd.jpg
Mustofa Widjaja, mantan Kepala BP Batam yang saat ini menjadi Caleg DPD RI Dapil Kepri.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pasca diterapkannya kebijakan baru pengiriman melalui sistem Customs and Excise Information System and Automation (CEISA) oleh Bea Cukai, untuk pengiriman barang keluar dari Batam, mengakibatkan banyak barang yang tertumpuk di tempat pengiriman, beberapa waktu terakhir ini.

Dalam era ekonomi digital, proses distribusi barang menjadi sangat penting. Penataan kebijakan pengiriman barang menjadi keharusan untuk mendukung perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Di Kepri terutama Batam hal tersebut sangat strategis dalam menjaga alur masuk keluar barang di Zona Ekonomi Eklusif, hanya saja sejauh ini sosialisasinya belum maksimal.

Merespon hal tersebut, Tokoh Kepri, Mustofa Widjaja mengapresiasi hadirnya kebijakan Mentri terbaru terkait proses pengiriman barang keluar dari Batam. Karena dapat menekan distribusi barang-barang ilegal yang pintu masuknya di Kepri, selain itu dapat mendukung perkembangan ekonomi digital dengan hadirnya penataan distribusi yang modern dan efektif.

"Kita sangat mendukung langkah pemerintah dalam menekan pemasaran produk-produk yang bermasalah. Hanya saja secara infrastruktur administrasi belum sempurna, dalam artian belum dikuatkan dengan kebijakan Pemerintah Daerah. Sehingga pelaku usaha mengalami kendala dengan banyaknya barang dagangan mereka yang tertahan di gudang pengiriman. Dengan sistem baru ini, kesiapan jasa pengiriman juga sangat penting agar prosesnya efektif dan efisien. Kalau hal tersebut tidak diatasi sesegera mungkin akan mengangu geliat ekonomi di Kepri, khususnya Batam," jelas Mustofa Widjaja saat dimintai komentar di Batam pada Kamis (20/2/2019).

Mantan Ketua BP Batam tersebut menambahkan, sosialisasi baik kepada pelaku usaha dan jasa pengiriman barang harus dioptimalkan, sembari Pemerintah Daerah merumuskan kebijakan pelengkap agar dapat menyeluruh. Dan ke depan semua pihak harus mencari solusi agar penumpukan barang di jasa pengiriman dapat segera diatasi.

"Ke depan kita akan terus mendukung perkembangan UMKM serta penyempurnaan alur distribusi barang yang keluar dari Batam, agar ekonomi Kepri terus tumbuh dan masyarakat semakin sejahtera," tutup Caleg DPD RI Dapil Kepri tersebut.

Editor: Gokli