Tim Kerja Reorientasi dan Revitalisasi BP Batam Gelar Rapat Ex-Officio
Oleh : Irwan Hirzal
Jum\'at | 22-02-2019 | 08:04 WIB
bp_batam_edyputra-2.jpg
Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Edy Putra Irawady. (Foto: Dok Batmtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Langkah Manteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution untuk segera menerapkan kebijakan rangkap jabatan Wali Kota Batam sebagai ex-officio Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, tampaknya pantang mundur.

Meski berbagai lembaga negara, kampus, lembaga kajian ilmiah dan para pakar hukum, telah mengingatkan pemerintah soal benturan hukum yang akan dihadapi jika kebijakan tersebut tetap dipaksakan.

Bahkan, untuk memuluskan rencana itu, pagi ini, Jum'at (22/2/2019), Tim Kementerian Perekomian RI dikabarkan akan akan menggelar rapat tertutup di Gedung Marketing BP Batam dan dilanjutkan ke Mall Pelayanan Publik. Dalam rapat tersebut, juga akan dihadiri oleh Sekda Kota Batam.

Saat dihubungi BATAMTODAY.COM, Kepala BP Batam Edy Putra Irawady membenarkan adanya agenda rapat tim dari Kementerian Perekonomian RI tersebut di Gedung Marketing BP Batam. Namun Edy membantah, jika rapat tersebut akan membahas soal ex-officio. "Pagi ini bahas sistim OSS (Online Single Submission) untuk pelayanan perizinan di Batam," ujar Edy Putra Irawady.

Meski demikian, Edy membenarkan, rapat tersebut akan dihadiri oleh tim dari Kementerian Perekonomian RI. Alasannya, karena sistem itu dibuat oleh mereka. "Iya, karena sistim OSS mereka yang bangun dan jalankan yang sekarang di BKPM," lanjut Edy.

Saat dikejar dengan pertanyaan lanjutan mengenai agenda lain di luar pembahasan OSS, yaitu soal PP 46 dan STOK BP Batam, Edy membantahnya. "Nggaklah. Tugas saya hanya pembumian kebijakan investasi dan ekspor, nggak nyentuh langitan," pungkasnya.

Editor: Dardani