Petugas Avsec Bandara Hang Nadim Amankan Sabu 495 Gram
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 06-02-2019 | 15:17 WIB
tsk-sabu-bandara1.jpg
Dua kurir sabu yang diamankan petugas Avsec Bandara Hang Nadim Batam. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua orang kurir sabu, kembali diamankan di Bandara Hang Nadim, Batam. Dari tangan kedua pelaku, MS (23) dan MA (26), diamankan sabu seberat 498 gram, Minggu (3/2/2019) kemarin.

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (Kabid BKLI KPU BC) Tipe B Batam Sumarna mengatakan, tersangka dan barang bukti sudah dilimpahkan ke Satres Narkoba Polresta Barelang untuk proses lebih lanjut.

Dijelaskan, penegahan itu dilakukan berawal dari kecurigaan petugas Avsec terhadap gelagat MA saat pemeriksaan fisik penumpang di area X-Ray pesawat transit di Batam dari Medan tujuan ke Surabaya.

"Awalnya MA melihat pemeriksan fisik yang dilakukan terhadap penumpang lain, MA terlihat cemas dan gerakannya mencurigakan. Sehingga, ia langsung diamankan dan dilakukan pemeriksaan," ujar Sumarna, Rabu (6/2/2018).

Setelah diperiksa, ditemukan empat paket sabu yang disimpang di dalam sol sepatu. MA, juga mengaku bahwa berangkat bersama rekannya, MS, yang sudah lebih dulu masuk ke pesawat.

"Petugas kita langaung mengejar ke pesawat dan membawa MS ke Hanggar BC untuk diperiksa. Namun ternyata sabu itu sudah dipindahkan dari sepatu ke kantong yang berada di bawah kursi penumpang pesawat," jelasnya.

kemudian pihaknya berkoordinasi dan meneruskan informasi tersebut ke KPPBC Juanda. Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam pada pesawat setelah tiba di Bandara Juanda, 4 bungkusan plastic diduga berisi Methamphethamine ditemukan.

"Untuk barang bukti sabu yang diamankan di Bandara Juanda, prosesnya dilanjutkan di sana. Kita hanya menindak barang bukti yang ditangkap disini, beserta dua tersangka," tambah Sumarna.

Editor: Yudha