Ribuan Linmas Ikuti Apel dan Simulasi Pengamanan TPS di Polresta Barelang
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 29-01-2019 | 16:28 WIB
simulasi-tps1.jpg
Simulasi pengamanan TPS oleh personil perlindungan masyarakat (Linmas) Kota Batam. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan personil perlindungan masyarakat (Linmas) Kota Batam kembali dikumpulkan di halaman Mapolresta Barelang. Mereka sengaja dikumpulkan untuk mengikuti Apel Konsolidasi dan simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), Selasa (29/1/2019).

Kapolresta Barelang, Kombes Hengki, yang bertindak sebagai pemimpin apel mengatakan, kegiatan itu dilakukan bekerjasama dengan KPU, Bawaslu, Pemerintah Kota Batam dan instansi terkait.

"Hari ini sengaja kita kumpulkan semua Kinma yang akan ditugaskan untuk menjaga TPS saat Pilpres dan Pileg pada April mendatang," ujar Hengki.

Disamping itu, juga dilakukan simulasi bagaimana cara mengamankan TPS, sehingga bisa mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Semua persiapan kita lakukan dengan maksimal. Linmas sebagai perpanjangan tangan Polri dan TNI yang diperbantukan mengamankan TPS kita berikan pengarahan dan dilakukan simulasi usai apel tadi," jelasnya.

Dilanjutkan, pada dasarnya TNI, Polri, Linmas, serta instansi lainnya sudah siap untuk menghadapi pesta demokrasi mendatang.

"Semuanya sudah dipersiapkan secara matang, baik dari logistik, begitu juga dengan sarana dan prasarana serta personil," tegasnya.

Untuk simulasi yang dilakukan lanjutnya, memberikan pemahaman tentang bagaimana aturan masyarakat yang masuk ke TPS, menjaga agar tidak terjadi keributan, serta lainnya.

Editor: Yudha