Dinas Binamarga Batam Normalisasi Drainase di Sepanjang Jalan Marina City
Oleh : Hendra
Selasa | 22-01-2019 | 11:07 WIB
normalisasi-marina.jpg
Proses normalisasi drainase di Jalan Marina City, Sekupang. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air Kota Batam akhirnya melakukan pelebaran dan normalisasi saluran drainase di sepanjang Jalan Marina City hingga bibir pantai Marina, Sekupang.

Proyek ini merupakan tindak lanjut atas genangan air yang selalu timbul di area tersebut, apalagi saat hujan mulai deras yang menyebabkan genangan naik hingga ke badan jalan.

Terlihat di lapangan, proses pengerjaan pelebaran saluran air ini telah berlangsung di sepanjang lokasi sejak pertengahan Desember silam. Dan hingga hari ini satu alat berat escavator masih terlihat di lokasi.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lapangan, terlihat pelebaran dan pengerukan drainase ini sudah tampak dikerjakan mulai dari Jembatan Marina sampai dekat Ruko depan Balai Pelatihan Kesehatan Batam. Drainase dilebarkan dari 2 - 3 Meter, agar normalisasi air berjalan lancar.

Kepala Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur mengatakan, proses pelebaran dan normalisasi saluran air di sana bertujuan untuk mengantisipasi banjir dan genangan air yang kerap terjadi ketika hujan deras turun.

Selain karena kondisi saluran air memang tergolong kecil dan tertutup rumput yang tumbuh di sana, tumpukan sampah juga menghambat saluran air.

"Nah sehingga sepanjang saluran air di sana kita lebarkan dan normalisasi untuk mengantisipasi hal tersebut," katanya, Senin (21/01/2019) kemarin.

Yumasnur melanjutkan, proses normalisasi dan pelebaran saluran air di sana masih dalam tahap pengerjaan. Direncanakan sepanjang aliran air yang tersumbat dan ditutupi sampah akan dinormalisasikan kembali.

"Kalau proses normalisasi saluran air di sana masih dilakukan saat ini, dan rencana sepanjang aliran air yang tergolong tersumbat dan ditutupi sampah akan dinormalisasi di sepanjang jalan marina tersebut," tuturnya.

Ia berharap dengan proses pelebaran saluran air dan normalisasi di lokasi yang saat ini dikerjakan bisa mengurangi genangan air dan dampak banjir akibat meluapnya air dari saluran yang ada di sepanjang Jalan Marina City.

Editor: Gokli