Wujudkan Batam sebagai Digital Bridge Indonesia, BP Batam Gelar IT Festival 2018
Oleh : Nando Sirait
Sabtu | 29-09-2018 | 10:52 WIB
it-festival.jpg
BP Batam kembali menggelar 'IT Festival 2018' dengan tema 'Be Creative Be Funtastic'. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bersempena dengan perayaan Hari Bakti ke-47 tahun BP Batam, rangkaian Bulan Bakti BP Batam disemarakkan dengan berbagai kegiatan menarik yang melibatkan partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat.

Bagi pelajar dan mahasiswa yang memiliki minat dan bakat di bidang multimedia, tahun ini BP Batam kembali menggelar 'IT Festival 2018' dengan tema 'Be Creative Be Funtastic'.

IT Festival 2018 ini akan diselenggarakan pada puncak peringatan Hari Bakti BP Batam tanggal 27 Oktober 2018, bertempat di area parkir gedung IT Center BP Batam dengan menghadirkan beragam perlombaan multimedia yang menarik seperti Kompetisi Video yang mengangkat tema Potensi Daerah Batam, PC Build Challenge, Games Corner, Bazar Makanan, penampilan Live Band dan Talk Show bersama Content Creator ibukota, Yudha Apriliano.

Untuk penjurian dilakukan oleh professional, selain dari BP Batam, penjurian akan dilakukan oleh Infinite Frameworks Studios yang merupakan perusahaan yang berbasis di Singapura, dengan studio animasi di Batam, dan merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Pengalaman Infinite Frameworks Studios telah lebih dari 10 tahun dalam menghasilkan karya-karya animasi untuk televise, film layar lebar, dan computer games.

Plh Kepala Pusat PDSI, Sylvia J Malaihollo menjelaskan, konsep dan tema IT Festival 2018 ini sejalan dengan tujuan BP Batam bahwa Industri IT khususnya Multimedia dapat mendukung program Kepala BP Batam tentang BBM27. Mendorong perekonomian Batam maju dan tumbuh 7% dalam 2 tahun salah satunya dengan promosi potensi pariwisata Batam melalui dunia IT.

IT saat ini memiliki peran yang tidak kalah pentingnya, tidak hanya di bidang ekonomi dan politik, namun juga bidang sosial dan budaya. Dengan adanya IT Festival ini diharapkan dapat menggali dan memperkenalkan lokasi pariwisata di Batam yang belum terekspos dan memiliki nilai lebih untuk menarik wisatawan mancanegara datang dan semakin betah berlama-lama di Batam.

Selain itu, Lomba ini diharapkan mampu menumbuhkan SDM kreatif dan mengasah potensi dari kreator-kreator muda di Batam, guna mewujudkan Batam sebagai Digital Bridge Indonesia sesuai amanat Presiden RI, Joko Widodo.

Pendaftaran dibuka dari tanggal 17 September hingga 18 Oktober 2018. Pengumuman pemenang lomba Kompetisi Video dan PC Build Challenge akan dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2018 di BP Batam dengan merebutkan Juara 1,2,3 serta juara favorit.

Lebih lanjut Sylvia mengatakan, untuk Video Competition ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu Tema Video 'Potensi Daerah Batam (Pariwisata/UMKM/Ekonomi Kreatif)', berjenis video profile, durasi 2-3 menit, kualitas video minimal 720p, video merupakan karya baru dan original, peserta berstatus siswa atau mahasiswa di seluruh Batam, peserta dapat perseorangan atau kelompok, peserta mendaftarkan pada alamat website: http://itfest.bpbatam.go.id kompetisi ini tidak dipungut biaya pendaftaran.

Untuk informasi lebih lanjut, peserta dapat menghubungi: Telp/WA: 0813-1032-3942 (Stephanus)/Instagram : @itcbpbatam @bpbatam @haribaktibpbatam/Facebook: Training Centre BP Batam/Email: itcentre@bpbatam.go.id.

Editor: Gokli