10 Wartawan Dinyatakan Kompeten Pada UKW Ke-10 PWI Kepri
Oleh : Alfredy Silalahi
Jum\'at | 20-07-2018 | 13:16 WIB
ukw-fredy.jpg
Acara penutupan UKW ke-10 Provinsi Kepri, di Lantai IV IT Centre BP Batam, Jumat (20/7/2018). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 10 peserta yang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dinyatakan kompeten oleh Ketua Tim Penguji PWI Pusat, Uyun Achadiat. Saat menutup secara resmi penyelenggaraan UKW ke-10 Provinsi Kepri, di Lantai IV IT Centre BP Batam, Jumat (20/7/2018).

"Ujian selama dua hari sudah selesai. Dari 11 peserta yang mengikuti UKW, hanya 10 yang kompeten. Bagi yang lulus, saya menitip agar bisa memberikan contoh yang baik bagi teman-teman yang belum ikut UKW. Bagi yang tidak lulus, ini bukan sebuah kegagalan tetapi ini awal untuk memperbaiki diri," kata Uyun, Jumat (20/7/2018).

Uyun menambahkan, UKW untuk meningkatkan kualitas wartawan dalam etika, keterampilan dan menyampaikan informasi ke publik. "Tentu ini beban yang sangat berat bagi teman-teman yang sudah dinyatakan kompeten. Tolong jaga martabat kewartawanan sebagai profesi khusus bagi penghasil karya intelektual," jelasnya.

Sementara Panitia Penyelenggara UKW ke-10 Provinsi Kepri, Saibansah Dardani berharap peserta UKW yang lulus mampu membuktikan wartawan yang berkompeten. "Harapan saya semoga kedepan lebih baik lagi, dan sebarkan virus baik ini," harap Sekretaris PWI Kepri itu.

Ketua PWI Kepri, Ramon Damora sekaligus penguji menyarankan agar menghargai manfaat yang didapatkan selama mengikuti UKW. Menurutnya, itu adalah sebuah pengalaman yang berharga.

"Kita sudah dua hari di sini, jadikan ini sebagai pengalaman yang berharga. Apapun hasilnya pasti bermanfaat pada dunia jurnalis. Sebenarnya di sini tidak ada yang gagal, karena bisa mengulang enam bulan kedepan. Sepulang UKW, wabahkan pengalaman ini kepada rekan-rekan yang belum ikut UKW, dan mari kita ajak mereka untuk ikut UKW," tegasnya.

Ramon juga mengajak, bagi peserta yang telah mengikuti UKW untuk bergabung dengan PWI Provinsi Kepri. "Kami mengundang teman-teman semua untuk bergabung ke PWI Kepri. Memulai semangat di sana, kami akan menyambut dengan sukacita," ucapnya.

Editor: Yudha