Pria Pengangguran Ketangkap Maling Sarang Burung Walet di Batuaji
Oleh : Yosri Nofriadi
Selasa | 15-05-2018 | 16:52 WIB
maling-walet1.jpg
Pelaku pencuri sarang burung walet saat diamankan di Mapolsek Batuaji. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Indra Siregar harus mendekam di sel tahanan Mapolsek Batuaji. Pria berumur 25 tahun itu tertangkap tangan saat hendak mencuri sarang burung walet di salah satu Ruko Permata Biru, Kelurahan Buliang, Kecamatan Batuaji, Minggu (13/5/2018) malam lalu.

Aksi pria pengangguran yang tinggal di Perumahan Puskopkar Batuaji itu kepergok penjaga sarang burung walet sehingga diamankan Polisi.

Kapolsek Batuaji Kompol Saffrudin Dalimunte mengatakan, sebelum diamankan, pelaku sudah berhasil memanjat dinding ruko yang dijadikan sarang burung walet tersebut.

"Dia memanjat dengan mengunakan tali. Emang nekat dia padahal ruko itu ada tiga tingkat," ujar Syaffrudin, Selasa (15/5/2018).

Saat hendak sampai di lantai tiga yang dijadikan tempat sarang burung walet tersebut, aksi Indra kepergok penjaga sarang burung walet. Saat ingin ditangkap dia berusaha kabur ke lantai dua dan bersembunyi disana.

"Saat polisi datang baru dia turun sebelumnya dia tak mau turun kerena takut dipukul warga," terangnya.

Kepada polisi Indra mengaku sudah lima kali melakukan aksi pencurian sarang burung walet tersebut. "Di Batam dua kali termasuk yang sekarang. Dan tiga kali di Tanjung Pinang," ujar Indra.

Dia nekat mencuri kerena harga jual sarang burung walet cukup mahal sekitar Rp 4,5 juta perkilogram "Sudah lama tak kerja. Sebelumnya di Pujasera di Batuaji," katanya.

Selama lima kali melakukan aksi pencurian sarang burung walet, Indra mengaku paling banyak mendapatkan setengah kilogram. Uang dari hasil penjualan sarang burung walet itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya di Batam. "Susah untuk mendapatkan satu kilo," ujarnya.

Editor: Yudha