Ini Penjelasan Otoritas Bandara Hang Nadim Terkait Insiden Lion Air
Oleh : Hadli
Senin | 30-04-2018 | 14:04 WIB
lion-air11.jpg
Pesawat Lion Air di Hang Nadim Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Seluruh penumpang pesawat Lion Air JT 374 berjumlah 180 orang dalam keadaan panik, selamat paska tragedi masker oksigen turun saat akan mendarat di Bandara Udara Internasional Hang Nadim, Batam (BTH) Minggu (29/4/2018) pukul 06.10 WIB.

"Seluruh penumpang dalam keadaan baik. Pesawat langsung ditarik ke hanggar untuk di periksa secara keseluruhan," kata Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Suwarso, Senin (30/4/2018).

Suwarso mengatakan, peristiwa masker oksigen pesawat Lion Air B.737-900 / pk-LGZ terjadi diketinggian kurang lebih 11.000 fit. Namun pesawat yang bertolak dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng (CGK) itu mendarat pesawat dalam kondisi aman.

"Peristiwa itu terjadi 20 menit sebelum mendarat di Hang Nadim, Oksigen turun dikarenakan pressurazation problems aircraf bermasalah. Jadi murni karena ada kesalahan di sistem pesawat. Bukan ada kejadian penumpang atau hal lainnya," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, pesawat Lion Air JT 374 rute Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng (CGK), menuju Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam (BTH), mengalami gangguan teknis, Minggu (29/4/2018) pukul 06.10 WIB.

Pesawat yang dikemudikan pilot Captain Alexey Prokopenko dan pimpinan awak kabin flight attendant Winda Ayu Lestasi langsung mengambil tindakan setelah menerima informasi gangguan.

Dalam keterangan pers yang diterima, pihak Lion Air mengatakan, situasi di atas berpotensi menyebabkan keterlambatan untuk penerbangan lain, yakni rute Batam-Cengkareng, Batam-Kualanamu, dan Batam-Tanjung Karang.

Editor: Yudha