Pemko Batam dan BP Batam Kompak Dorong Industri Pariwisata
Oleh : Suci Ramadhani
Jum\'at | 27-04-2018 | 17:28 WIB
pariwisata-batam.jpg
Suasana diskusi bisnis pariwisata yang digelar Kadin Batam di Kampung Bule. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAYCOM, Batam - Pemerintah Kota Batam dan Badan Pengusaha (BP) Batam kompak memajukan industri pariwisata Batam. Kekompakan itu mereka buktikan saat menghadiri Forum Diskusi Bisnis BizTalk bertajuk "Tourisme For Economic Growth" yang digelar di salah satu cafe di Kampung Bule Batam, Jumat (27/4/2018).

Hadir dalam diskusi itu, Deputi V BP Batam, Bambang Purwanto yang didampingi Direktur Lalu Lintas Barang BP Batam, Novianta Putra serta sejumlah staf. Sedangkan dari pihak Pemko Batam, hadir tiga kepala dinas. Yaitu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Batam Pebrialin, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Zarefriadi dan Raja Azmansyah.

Diskusi yang digagas oleh Kadin Batam itu meriah dan dihadiri oleh sejumlah stakeholder di bidang pariwisata. "Yang hadir pada hari ini adalah para avanger, jagoan semua. Walikota Batam mengirim tiga kepala dinas, ini membuktikan Walikota kita serius mengembangkan pariwisata Batam," ujar Ketua Kadin Batam, Jadi Rajagukguk saat membuka diskusi.

Sementara itu, Deputi V BP Batam Bambang Purwanto mengatakan, saat ini BP Batam belum memiliki badan yang fokus pada industri pariwisata. Meski demikian, pihaknya memiliki semangat kuat untuk membantu Pemko Batam, bersama-sama mengembankan industri pariwisata Batam.

"Kami baru balik dari Bali, mempromosikan potensi-potensi wisata Batam. Di sana kami mendapat banyak pertanyaan, Batam itu di mana, ada apa di Batam dan Batam itu mau dibawa ke mana," ujar Bambang Purwanto.

Meski demikian, lanjutnya, pihaknya bekerjasama dengan Bos Markplus Hermawan Kartajaya, terus mempromosikan industri pariwisata Batam ke seluruh dunia. "Kita harapkan turis yang wisata ke Bali, ayo terbang ke Batam, yang dari Yogja juga begitu, ayo ke Batam," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Batam Pebrialin mengungkapkan, Pemko Batam juga fokus pada pengembangan pariwisata. Karena itulah, tahun lalu Pemko Batam berhasil menarik 1,5 juta wisatawan asing ke Batam. "Kita harus juga fokus pada pendukung pariwisata," tegasnya.

Editor: Dardani