Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gandeng Seluruh Stakeholder Pariwisata

Galakkan Sektor Pariwisata, BP Batam Wacanakan Bentuk Batam Promotion Centre
Oleh : Nando Sirait
Jumat | 16-03-2018 | 14:50 WIB
pariwisata-bp1.jpg Honda-Batam
BP Batam gelar pertemuan dengan ASITA, PHRI, Dinas Pariwisata Kepri, Pemko Batam, dan agen tour dan travel di Gedung Marketing Center BP Batam, Jumat (16/3/2018). (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam terus menggalakkan sektor pariwisata untuk menggairahkan kembali perekonomian di Batam. BP Batam pun dalam waktu dekat ini akan membentuk Batam Promotion Centre dengan melibatkan seluruh instansi pemerintah dan swasta.

"Kami sadar masalah pariwisata di Batam harus ditangani bersama, baik dari pemerintah dan juga unsur lainnya," ungkap Kepala BP Batam, Lukita Dinansyah Tuwo, sesaat setelah pertemuan dengan seluruh perwakilan dari Asosiasi Tour dan Travel Indonesia (ASITA), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Buralimar, Perwakilan dari Pemko Batam, dan juga seluruh agen tour dan travel di Gedung Marketing Center BP Batam, Jumat (16/3/2018).

Lukita menyampaikan beberapa faktor lain yang harus segera diselesaikan, yakni masalah infrastruktur serta dukungan layanan lainnya, seperti hotel dan permasalahan transportasi. Adanya agenda event tahunan juga menjadi salah satu faktor penting dalam menggalakan sektor pariwisata untuk dapat berkembang di Batam.

"Permasalahan infrastruktur ini perlu dilakukan bersama dengan sinergi baik dari BP Batam, Pemerintah Kota Batam, dan juga Pemerintah Provinsi Kepri. Selain itu kerjasama dengan seluruh travel agent juga merupakan salah satu poin penting dalam menjual agenda pariwisata yang sudah kita wacanakan," ungkapnya.

Salah satu bentuk sinergi dalam pengembangan sektor pariwisata ini, BP Batam mewacanakan pembentukan Batam Promotion Center. "Untuk pembentukan ini kami sendiri siap memberikan support, di luar adanya support dari Kementerian Pariwisata yang mewacanakan Tourism Promotion Center," lanjutnya.

Selain itu peran dari media massa juga dianggap perlu, baik dari kerjasama penyelenggaraan event hingga sarana promosi adanya event kepada masyarakat Kota Batam. "Itu salah satu alasan kenapa dalam pertemuan ini, kita juga melibatkan pimpinan redaksi dari seluruh media massa yang ada di Batam," katanya.

Dengan wacana memajukkan industri pariwisata ini, BP Batam juga masih tetap mengharapkan untuk sektor industri lainnya juga dapat mengikuti dan bangkit kembali.

"Kita tahu walau saat ini perekonomian dunia memang sedang mengalami penurunan, tetapi kunjungan wisatawan sendiri tetap stabil. Dan adanya wacana mendatangkan wisatawan ke Batam, kami juga berharap agar sektor industri lainnya juga dapat bangkit kembali," paparnya.

Editor: Yudha