Investor Mulai Lirik Pembangunan Hotel Bintang Lima di Kepri

Deputi Kementerian Pariwisata Usulkan Batam Kembangkan Wisata Alam dan Buatan
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 28-02-2018 | 20:02 WIB
Dadang-Rizki-Ratman.jpg
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Dadang Rizki Ratman (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wacana Badan Pengusahaan Batam (BP) Batam mengembangkan sektor pariwisata, mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Dadang Rizki Ratman, menjelaskan, tidak hanya berpatokan di event. Tetapi BP Batam harus mulai melirik sektor wisata alam, yang masih banyak belum tersentuh tidak hanya di sekitar Batam tetapi juga di beberapa kawasan lainnya seperti Bintan dan Karimun.

"Kepri secara umum memiliki potensi alam yang sangat bagus, tapi kalau hanya potensi saja tidak akan cukup kalau tidak jadi produk. Ini yang harus segera ditindaklanjuti, jangan turis datang hanya mau gratisan menikmati keindahan alam. BP Batam mungkin bisa belajar pengelolaan lokasi wisata seperti Ancol," ujarnya.

Tidak hanya wisata alam, Dadang Rizki Ratman yang hadir dalam Batam Economic Forum yang digelar di Ballroom Radison Hotel Batam, Selasa (27/02/2018), juga memberikan tanggapan adanya beberapa lokasi wisata baru yang merupakan buatan manusia.

"Saya dengar di Batam ada beberapa lokasi wisata baru yang merupakan buatan dari pemerintah daerah. Nah, itu akan bagus apabila dikelola secara serius. Begitu juga beberapa wisata buatan masyarakat dan pengusaha, itu juga harusnya BP dapat memberikan perhatian ke sana dengan cara membantu pengelolaannya," lanjutnya.

Ketika ditanyakan mengenai masih belum adanya hotel ataupun resort dengan fasilitas bintang 5, Dadang menyatakan bahwa hal itu dalam waktu dekat kemungkinan akan segera terealisasi, dengan sudah adanya pangsa pasar dari para calon investor.

"Investor di bidang pariwisata ini sifatnya menunggu. Apabila pangsa pasarnya belum ada, tentu mereka akan rugi untuk membangun kawasan dengan fasilitas bintang 5. Tapi di Kepri umumnya, hal ini sebentar lagi akan terwujud, kita tunggu aja," ungkapnya.

Sebelumnya, saat peluncuran Program Batam FunTastic sempena Batam Economic Forum yang digelar di Ballroom Radison Hotel Batam, Selasa (27/02/2018), Kepala BP Batam Lukita Dinansyah Tuwo menyatakan, selain pengembangan sektor industri serta bandara dan pelabuhan untuk mendukung wacana pengembangan Batam menjadi hub logistik regional, pengembangan pariwisata juga menjadi salah satu langkah yang tepat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

BP Batam bahkan sudah mengagendakan beberapa event pariwisata untuk tahun 2018 ini, di antaranya BP Batam Internasional Futsal, Downhill Dangas Internasional, Tour De Barelang - Bintan, Dragon Boat Race Internasional, Turnamen Bulutangkis Terbuka, Voli Pantai, Turnament Golf, Bola Voli Internasional, Hingga Road Race untuk event olahraga.

Selain itu, masih ada event untuk kegiatan seni dan budaya seperti Batam Menari, Karnaval, dan Pentas Seni Budaya Melayu dan Nusantara. Di luar perencanaan konser musik yang akan mengundang artis Indonesia dan Mancanegara.

Editor: Udin