Ruang Mesin Kapal Tugboat Raimon I Meledak Diduga Akibat Sambaran Api Las
Oleh : Yosri Nofriadi
Sabtu | 24-02-2018 | 15:50 WIB
mobil-pemadam11.jpg
Mobil pemadam kebakaran keluar masuk PT Marinatama Gemanusa Shipyard memadamkan api kapal yang meledak saat docking. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ledakan dan kebakaran Kapal Tugbout di PT Marinatama Gemanusa di Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji diduga berasal dari ruang mesin kapal.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun kebakaran kapal tersebut cukup besar. Ledakan dan kebakaran Tugboat Raimom I tersebut diduga karena adanya aktifitas cutting (pemotongan plat baja dengan alat las) di dekat ruangan mesin. Bunga api las diduga sambar ke tangki bahan bakar kapal tersebut.

"Kemungkinan karena cutting di dalam mesin. Apalagi itu kapal tangbout cukup besar," ujar Faisal salah seorang pekerja di PT Marinatama Gemanusa, Sabtu (24/2/2018).

Ledakan dan kebakaran yang terjadi kata Faisal cukup besar, sehingga hampir seluruh pekerja di lokasi galangan kapal itu lari berhamburan keluar kawasan. "Tidak ada korban jiwa karena pekerja langsung keluar semua," ujar Faisal lagi.

Anggota Polsek Batuaji langsung mendatangi lokasi kejadian. Kapolsek Batuaji Kompol Sujoko saat dikonfirmasi hanya membenarkan kejadian itu. Untuk penyebab kebakaran pihaknya masihe mendalami.

"Iya kami masih di TKP semua. Nanti ya ini masih didalami," ujar Sujoko.

Pihak perusahaan sendiri belum bisa dikonfirmasi. Saat wartawan mencoba konfirmasi malah dilarang oleh petugas keamanan perusahaan. "Maaf manajamen tak belum izinkan masuk jadi kalian di luar dulu," ujar salah satu sekuriti di gerbang.

Editor: Yudha