Komisi VI DPR Minta Setiap Instansi Menjaga Konsistensi

Mall Pelayanan Publik Batam Sebuah Terobosan Menghabisi Praktek Percaloan
Oleh : Nando Sirait
Kamis | 08-02-2018 | 16:26 WIB
mpp-dpr1.jpg
Rombongan Komisi IV DPR RI berbincang dengan Ketua BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo saat kunjungan ke MPP Batam. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno berharap seluruh instansi yang berada di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau menjaga konsistensi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Jangan di awal-awal saja semangat karena tadi pak Wakil Wali Kota menyampaikan zaman now, kita betul-betul harus membuka diri," katanya, Kamis (8/2/2018).

Teguh menambahkan terobosan itu harus dihargai dan diapresiasi sehingga terus dapat memberikan pelayanan terbaik dan masyarakat tidak lagi mengalami hambatan dalam hal mengurus terkait perizinan keseharian mereka.

Bahkan Teguh mengatakan sempat bertanya kepada masyarakat mengenai pelayanan yang diberikan di MPP terutama terkait pengurusan legalitasi tanah atau pengalihan hak.

Dimana masyarakat menyampaikan waktu untuk mengurus perizinan tidak membutuhkan waktu lama dan tidak dimintai uang pelicin. Mengenai pengurusan paspor baru serta perpanjangan dnilainya sangat baik, karena nomor antrean diberitahukan sehingga masyarakat tidak harus menunggu berjam-jam.

"Ini langkah-langkah terobosan yang bagus sekali karena memberikan kepastian, perpanjagan SIM dan STNK tadi bisa dilakukan hanya dalam tiga sampai empat menit," ujarnya.

Pihaknya juga akan mengupayakan bantuan anggaran untuk mensupport MPP di Kota Batam terutama kepada instansi vertikal yang menjadi rekan kerja komisinya. "Alokasi anggaran akan kita komunikasikan, kalau terkait mitra kerja kita akan dorong agar ada anggarannya," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayana Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Batam Gustian Riau mengatakan sampai saat ini MPP masih dalam tahap uji coba dan direncanakan akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Saat ini ada 427 perizinan yang bisa dilakukan di MPP," katanya. Tidak hanya menyediakan konter untuk pelayanan di MPP kata Gustian juga memiliki area bermain anak, ruang menyusui dan pelamin pernikahan yang dapat dipergunakan masyarakat secara gratis.

Editor: Yudha