Polres Tanjungpinang Terima Rp4,2 Miliar Dana Hibah Pengamanan Pilwako
Oleh : Hadli
Selasa | 23-01-2018 | 09:14 WIB
kaplorers-tanjungpinang-beri-keterangan.jpg
Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardyanto Tedjo Baskoro saat memberikan pres rilis kegiatan PAM Pilwako Tanjungpinang didampingi Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol S Erlangga (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardyanto Tedjo Baskoro mengungkapkan, untuk pengamanan selama proses pelaksanaan pesta demokrasi Pilwako Tanjungpinang, pihaknya mendapat dana hibah sebanyak Rp4,2 miliar.

"Dana hibah Rp4,2 miliar diterima belum keseluruhan. Dilakukan bertahap dan dalam waktu dekat akan diterima sisanya," kata Kapolres Ardyanto di Mapolda Kepri menjawab BATAMTODAY.COM, Senin (22/1/2018).

Dana hibah Pilwako yang diterima untuk serangkaian kegiatan, termasuk simulasi pengamanan unjuk rasa persiapan menghadapi ancaman aksi demo atas dugaan kecurangan dalam proses pemilihan, pengamanan pendistribusian kotak suara dari KPU ke TPS dan PPK, penghitungan suara di TPS sampai di KPU, serta sampai dengan proses pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih.

"Dana awal diberikan sesuai MoU ketika Wali Kota Tanjungpinang masih dijabat oleh Lis Darmansyah pada Agustus 2017 tahun lalu," ujar dia lagi.

Dilanjutkan, dari 502 personil Polres Tanjungpinang, akan diterjunkan 2/3 dari kekuatan atau sekitar 330 personil, dan nantinya akan dibackup dari TNI, Satpol PP serta personil Polda Kepri.

Saat ini, katanya, Polres Tanjungpinang masih menunggu hasil pengumuman dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang, terhadap hasil verifikasi data masing-masing pasangan calon tersebut.

Mulai dari tanggal 12 Februari di mana masuk tahap pengumuman, kami akan langsung bersiaga karena di tanggal 13 nanti akan langsung cabut undi nomor urut masing-masing pasangan calon," ujarnya.

Kemudian di tanggal 14 Februari 2018, pihaknya akan melakukan 'Deklarasi Damai' yang akan digelar di Polresta Tanjungpinang. Hingga ke masa kampanye yang akan berlangsung selama 128 hari hingga memasukki masa tenang.

"Namun saat ini, yang kami prioritaskan adalah lokasi TPS yang kami bagi dalam 3 zona. Yakni Zona Aman, Zona Rawan 1 dan Zona Rawan 2," lanjutnya.

Editor: Udin