Muspika Belakangpadang Dirikan Pos Siaga Antisipasi Cuaca Buruk
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 21-12-2017 | 13:02 WIB
blp.jpg
Muspika Belakangpadang saat membahas pengamanan Natal dan Tahun Baru. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru beberapa, kewaspadaan perlu ditingkatkan, apalagi untuk daerah pesisir. Hal itu dikarenakan kondisi cuaca yang buruk saat ini.

Seperti kawasan Belakangpadang, telah dilakukan koordinasi lintas sektoral untuk mengantisipasi hal tersebut, Rabu (20/12/2017) kemarin.

Kapolsek Belakangpadang, AKP Ulil Rahim mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah mendata jumlah geraja dan kegiatan-kegiatan menjelang Natal dan Tahun Baru. Untuk pengamanan, akan melibatkan semua unsur baik dari TNI maupun dari Satpol PP Kecamatan.

"Hari ini, akan dilaksanakan gelar pasukan ops lilin seligi 2017 dengan melibatkan semua unsur. Jadi persiapan akan terus dimatangkan," ungkapnya, Kamis (21/12/2017).

Di samping itu, ia juga menyampaikan diperlukan langkah-langkah untuk mengantisipasi cuaca ekstrim di wilayah perairan Kepri terutama di Belakangpadang.

"Perlu adanya kerja sama dari semua unsur Muspika di Kecamatan Belakangpadang, baik Polsek, Kecamatan, Koramil, Pos AL, Puskesmas, Badan Sar, Kepala Pos Pelabuhan serta penambang pancung untuk saling berkoordinasi mengantisipasi adanya kecelakaan laut," paparnya.

Saat berlayar, diwajibkan menggunakan life jacket atau pelampung baik tekong maupun penumpang.

"Diimbau juga agar selalu berkoordinasi dengan BMKG untuk memastikan cuaca yang saat ini kurang bersahabat dan tidak dapat diprediksi agar aman untuk melakukan penyeberangan. Kapal diisi dengan penumpang sesuai kapasitas," tegasnya.

Kepada para tekong lanjutnya, harus berhati-hati mengemudikan kapal, sehingga tidak membahayakan penumpang. Utamakan keselamatan penumpang dengan memberikan pelayanan yang baik.

"Dalam kegiatan ini Kapolsek Belakangpadang mengimbau kepada semua unsur Muspika yang berada di wilayah itu agar sama-sama ikut andil untuk mengantisipasi terjadi kecelakaan di laut terutama di perairan Belakangpadang. Jika cuaca buruk, Persatuan Pengemudi Motor Sangkut (PPMS) agar tidak memaksakan untuk menyeberang apabila cuaca tidak mendukung," lanjut Ulil.

"Kita bersama-sama juga membuat pos dan menyiagakan personil untuk antisipasi jika terjadi kecelakaan," pungkasnya.

Editor: Gokli