Serapan Anggaran Pemkab Anambas Hingga Triwulan II Hanya 22 Persen
Oleh : Alfreddy Silalahi
Jum\'at | 26-05-2017 | 13:38 WIB
kepala-BKD-Anambas1.gif
Azwandi, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Anambas. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas hingga akhir Mei ini sangat rendah. Pasalnya, Triwulan II Tahun 2017, serapan anggaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas baru 22 persen atau berkisar Rp 182 miliar dari total APBD Rp 759 miliar.

"Realisasi dari 22 persen itu berupa Dana Desa, operasional SKPD, gaji pegawai, dan ada beberapa perencanaan," kata Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kepulauan Anambas, Azwandi Jumat (26/5/2017).

Azwandi mengakui, hingga saat ini belum ada proyek strategis yang dilelang oleh SKPD teknis yang menyebabkan serapan anggaran rendah. Dia juga mengkhawatirkan, proyek yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dapat berimbas terhadap keuangan daerah.

"Ini sudah triwulan II belum ada proyek yang dilelang, ini yang membuat serapan anggaran rendah. Proyek itu juga ada yang berasal dari DAK, kalau tak segera dilelang, maka dikhawatirkan bisa membuat defisit anggaran. Ini yang harus kami antisipasi, bakan kami sudah berkoordinasi agar SKPD teknis segera melakukan lelang," urainya.

Azwandi menerangkan, Kabupaten Kepulauan Anambas menerima DAK Rp 94 miliar dan proses pencairan harus bertahap dan saling berkaitan. Untuk tahap pertama 30 persen langsung diberikan ke daerah, sementara tahap kedua 25 persen, tahap ketiga 25 persen, dan tahap keempat 20 persen.

"Tahap pertama langsung diberi ke daerah 30 persen, untuk pencairan tahap kedua realisasinya harus 75 persen tahap pertama. Kemudian tahap pencairan ketiga, gabungan realisasi tahap pertama dan kedua harus tembus 75 persen. Dan pencairan tahap keempat, realisasi gabungan tahap pertama, kedua dan ketiga harus 90 persen. Kalau ini tidak tercapai, maka menjadi beban APBD. Ini yang membuat APBD menjadi defisit," tegasnya.

Adapun paket prioritas Pemkab Anambas tahun 2017 yakni, Pembangunan Masjid Agung, Lanjutan Pembangunan Kantor Pusat Pemerintahan di Pasir Peti, Pembangunan Jalan Simpang SP-Air Padang-Pasir Peti, Pembukaan Jalan Lingkar Pulau Bajau, Renovasi Gedung Puskesmas Jemaja Timur.

Editor: Yudha