Bupati Khawatir Menjadi Temuan BPK

Gedung Pembibitan Ikan di Anambas Mangkrak
Oleh : Alfreddy Silalahi
Selasa | 18-04-2017 | 13:26 WIB
Bupati-Anambas-Abdul-Haris-Baru1.gif

Bupati Anambas, Abdul Harris. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Masyarakat Kecamatan Siantan Tengah mendesak Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas memfungsikan gedung pembibitan ikan. Pasalnya, setahun lebih gedung pembibitan yang dibangun oleh Pemkab Anambas mangkrak.

"Gedung pembibitan ikan sudah selesai, tetapi tak kunjung difungsikan. Kami sangat berharap gedung pembibitan dioperasikan, karena masyarakat banyak berprofesi sebagai pembudidaya ikan," ujar Hatta, salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Siantan Tengah, Selasa (18/4/2017).

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas memerintahkan Dinas Perikanan, Pertanian, dan Pangan (DPPP) segera mengoperasikan gedung pembibitan tersebut. Pasalnya, Bupati mengkhawatirkan, gedung tersebut menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), apabila tidak dioperasikan.

"Ini bahaya, bisa menjadi temuan. Saya minta DPPP segera mengoperasikan gedung pembibitan yang sudah dibangun di Kecamatan Siantan Tengah. Segera beli benih ikannya," ujarnya seraya memerintahkan Badan Penelitian, Pengembangan dan Perencanaan Daerah (Balitbangda) mengawal DPPP pada proses pengadaan benih ikan.

Sementara, Kepala DPPP Kabupaten Kepulauan Anambas, Chatrina kami sudah membuat perencanaan untuk mengoperasikan gedung pembibitan ikan di Kecamatan Siantan Tengah.

"Untuk tahap pertama kami sediakan 78000 ekor benih ikan, lalu disebarkan kepada nelayan budidaya. Saat ini terdaftar pembudidaya ikan sekitar 1330 orang. Rencananya akan dianggarkan pada pembahasan APBD Perubahan,"jelasnya.

Chatrina juga menyinggung, pihaknya sedang berencana pembangunan Balai Pembibitan Ikan di Anambas. "Ini untuk mendorong perekonomian masyarakat Anambas, karena sebagian besar masyarakat kita merupakan nelayan budidaya," pungkasnya.

Editor: Yudha