Sudah Lima Hari Posisi Sekda Kosong

Bupati Anambas Sebut Sudah Ajukan Tiga Nama Plt Sekda ke Gubernur
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 22-06-2016 | 19:24 WIB
Abdul-Haris.jpg

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris (Foto: fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Terhitung dari Jumat (17/06/2016) lalu, segala proses pencairan uang diberhentikan di Sekretariat Pemkab Anambas. Pasalnya, jabatan Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Augus Raja Unggul ‎sudah berakhir.

Asisten III Setda Kabupaten Kepulauan Anambas, Augus Raja Unggul, mengatakan, berakhirnya jabatan Plh tersebut sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati.

Agus melanjutkan, hal tersebut juga sesuai dengan masa cuti Sekda Definitif, Radja Tjelak Nur Djalal. Bahwa, cuti tersebut dengan alasan mengurus hal penting dan mengurus kepindahannya (RTND) ke Pemprov Kepri.
 
"Sesuai SK, saya menjabat Plh selama dua bulan, yakni dari 19 April hingga 17 Juni. Informasinya beliau (RTND) sudah mendapat SK persetujuan pindah dari Gubernur, sehingga Pemkab Anambas sudah bisa mengusulkan nama kepada Gubernur yang akan menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Sekda. Karena Bupati tidak bisa memberhentikan Sekda," terangnya, Rabu (22/06/2016).

Augus berharap, Bupati segera mengajukan nama kandidat Plt Sekda ke Gubernur, agar tidak terjadi ke vakuman di Sekretariat Pemkab Anambas. Pasalnya, lima hari belakangan ini setelah masa jabatan Plh berakhir, segala urusan yang menyangkut wewenang Sekda, terutama pencairan keuangan dihentikan sementara waktu.

"Seluruh masalah yang menyangkut pencairan keuangan diberhentikan, karena kita kekosongan Sekda. terakhir, pengajuan yang bisa diproses 17 Juni lalu. Lebih dari itu, tidak bisa diproses lagi," ujar Augus.

Sementara, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, mengaku sudah mengajukan tiga nama kandidat Plt Sekda kepada Gubernur Kepri, sebagai pertimbangan untuk dipilih satu nama.

Namun, ketika disinggung siapa nama yang diusulkan, Haris hanya tersenyum. "Sudah kita usulkan tiga nama. Nanti tahu sendiri,tunggu saja kabarnya,"ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ketiga nama yang diajukan Bupati Anambas kepada Gubernur Kepri antara lain, Augus Raja Unggul yang saat ini menjabat sebagai Asisten III Sekretariat Pemkab Anambas. Sahtiar yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Anambas sekaligus Plt.Kepala Bapedda Anambas. Zukhrin yang saat ini menjabat sebagi Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Anambas sekaligus Plt.Kepala Dinas Kesehatan Anambas.

Editor: Udin ‎