Diprediksi Mengalami ROB, BPBD Anambas Imbau Masyarakat Waspada
Oleh : Alfredy Silalahi
Selasa | 05-07-2022 | 16:04 WIB
banjir-rob11.jpg
Ilustrasi banjir Rob. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Anambas mengajak masyarakat pesisir khususnya di Kecamatan Siantan dan Siantan Timur, untuk waspada terhadap pasang air laut yang berpotensi membanjiri daratan (ROB). Fenomena tersebut diprediksi mulai 11-19 Juli 2022.

"Dari hasil pantauan BMKG, Kabupaten Kepulauan Anambas berpotensi mengalami banjir pesisir (ROB) khususnya di Kecamatan Siantan dan Siantan Utara. Fenomena ini disebabkan adanya aktivitas pasang air laut dan curah hujan tinggi," ucap Kepala Pelaksana BPBD Kepulauan Anambas, Syarif Ahmad, Selasa (5/7/2022).

Syarif mengimbau masyarakat agar waspada apabila fenomena tersebut terjadi. Dan BPBD juga akan bersiaga sesuai prediksi yang disampaikan oleh BMKG.

"Jangan terlalu khawatir, namun kita harus waspada. Kami juga akan mempersiapkan personil untuk bersiaga disekitar pesisir yang dimaksud itu. Kita juga akan siapkan tenda darurat serta dapur umum apabila ini diperlukan," terangnya.

Syarif menambahkan, selain berdampak pada trmpat tinggal warga, fenomena tersebut juga berdampak pada transportasi laut, aktivitas nelayan, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan. "Kami harap semua masyarakat waspada dan jangan juga terlalu khawatir," tegasnya.

Editor: Yudha