Cuaca Ekstrem, Speedboat Berisi 8 Penumpang Karam di Perairan Depan Masjid Agung Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 23-06-2022 | 14:00 WIB
speed-anambas.jpg
Speedboat berisi 8 penumpang yang karam di perairan depan Masjid Agung Anambas, Kamis (23/6/2022) sekira pukul 11.15 WIB. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Satu unit speedboat dengan rute pelayaran Tarempa, Siantan menuju Candi, Palmatak, karam di depan Masjid Agung Baitur Ma'mur Anambas, Kamis (23/6/2022) sekitar pukul 11.15 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam laka laut tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Anambas, Syarif Ahmad, menerangkan speedboat yang berisi penumpang sebanyak 8 orang karam setelah lepas tali dari Pelabuhan Pemda Siantan.

"Penyebab utama karamnya kapal ini adalah kondisi cuaca yang tidak kondusif, pada saat kejadi laka laut ini sempat terjadi angin ribut, dan gelombang tiba-tiba tinggi. Beruntung tidak ada korban jiwa pada kejadian ini, dan semua penumpang selamat," terang Syarif Ahmad.

Syarif menambahkan 8 orang penumpang speed tersebut terdiri dari 2 pria dewasa, 5 perempuan dewasa dan 1 anak-anak. "Semua ini bertolak menuju Candi, Palmatak," ucapnya.

Syarif mengimbau kepada pengguna transportasi laut khususnya, agar lebih waspada terhadap cuaca di Kepulauan Anambas. Sehingga tidak memaksakan diri untuk lepas tali dari pelabuhan.

"Kita utamakan keselamatan diri, kalau cuaca tidak bersahabat jangan kita lawan. Mudah-mudahan kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Apalagi akhir-akhir, Anambas di landa hujan terus dan berangin juga," imbaunya.

Editor: Gokli