Pertamina Akhirnya Setujui Penambahan Kuota Solar di Kabupaten Anambas
Oleh : Freddy
Kamis | 28-04-2022 | 14:40 WIB
pertamina-anambas1.jpg
Anggota Komisi II DPRD Anambas, Jasril Jamal mendatangi kantor sales Pertamina Batam beberapa waktu lalu. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Untuk mengatasi terjadinya kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Anambas bersama dengan anggota Komisi II DPRD Anambas, Jasril Jamal mendatangi kantor sales Pertamina Batam beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan tersebut Kabupaten Kepulauan Anambas mengusulkan tambahan kuota minyak solar yang menjadi kebutuhan dasar dari nelayan untuk mencari ikan kelaut.

"Saya sudah dapat informasi dari pak Masykur jika permohonan penambahan kuota BBM Solar kita ada penambahan. Saya berharap penambahan ini terus terjadi agar tidak ada kelangkaan minyak lagi di Anambas terutama BBM jenis solar karena merupakan kebutuhan dasar nelayan untuk melaut," ujar Jasril, Kamis (28/4/2022).

Jasril juga menambahkan, sebagai wakil rakyat tentu memperjuangkan kebutuhan masyarakat adalah priorotas baginya, apalagi masalah BBM dimana sebagai daerah penghasil Migas tentunya pemerintah pusat ataupun BP Migas bisa memberikan skala prioritas.

"Kita ini sebagai hulu Migas yang nota bene sebagai daerah penghasil kalau sampai terjadi kelangkaan BBM sangat kita sayangkan. Kita ini sudah 50 tahun sebagai penghasil masih saja kekurangan kan tidak logika," ujar Jasril.

Permohonan penambahan solar yang sudah disetujui Pertamina yaitu, untuk SPBU Airsena 120 ton, SPBU Putra Bersaudara 40 ton dan untuk SPBU Jemaja 30 ton. Menurut Jasril, pihaknya juga akan memperjuangkan kebutuhan nelayan tersebut ke BP Migas, Jakarta agar tidak ada lagi kelangkaan minyak di Kabupaten kepulauan Anambas ke depannya.

"Nanti kita akan tindaklanjuti juga ke BP Migas. Kita ingin minyak jangan sampai langka lagi ke depannya, nanti kita ke sana bersama Pemkab Anambas biar ada kepastian sehingga masyarakat aman dan tentram,"ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Kepulauan Anambas, Masykur mengatakan, saat ini kapal SPBU Putra Bersaudara yang punya pangkalan minyak di Tarempa sudah berada di Ranai dan kapal SPBU Airsena sejak Rabu lalu sudah berangkat ke Ranai untuk mengambil BBM.

"Kapal pengangkut BBM sudah berada di Ranai, satu kapal lagi hari Rabu yang lalu pukul 16.15 berangkat. Jadi ketika kapal itu sudah sampai nanti di Kabupaten Kepulauan Anambas diharapkan tidak ada lagi kelangkaan minyak," katanya.

Editor: Yudha