Bertambah 4, Kasus Covid di Anambas Tembus 102 Orang
Oleh : Alfredy Silalahi
Rabu | 20-01-2021 | 12:04 WIB
update-covid184.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pasien covid-19 di Kepulauan Anambas bertambah empat (4), usai hasil swab tes menyatakan terkonfirmasi positif. Keempat pasien tersebut, kini telah diisolasi di RSUD Tarempa untuk mendapatkan perawatan.

"Hari ini kasus covid-19 bertambah 4, dari 98 kasus menjadi 102 orang. Dan semua sudah diisolasi di RSUD Tarempa," kata Pelaksana Harian Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar, Rabu (20/1/2021).

Sahtiar menguraikan, adapun informasi terkait warga yang terkonfirmasi positif yaitu UF (41) dengan nomor kasus 99 memiliki riwayat perjalanan luar daerah, NH (49) dengan nomor kasus 100 dan merupakan hasil pengembangan dari kasus 99.

"Untuk RS (27) dengan nomor kasus 101 dan MZF (32) dengan nomor kasus 102 merupakan hasil pengembangan dari kasus nomor 97," ucapnya.

Sahtiar menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan tracing (penelusuran) pada orang yang pernah kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif.

"Kita akan melakukan pengembangan di tempat tinggal dan tempat beraktivitas para pasien yang terkonfirmasi positif," jelasnya.

Sahtiar mengimbau dan mengajak masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi covid-19.

"Adapun protokol kesehatan yang senantiasa diterapkan yaitu, menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan. Ini dilakukan saat berinteraksi dengan keluarga atau di tempat tinggal serta berinteraksi pada saat beraktivitas. Sehingga kita bisa mencegah klaster penyebaran covid yang baru," tegasnya.

Selain itu, Sahtiar mengimbau kepada warga yang baru melakukan perjalanan luar daerah, agar melakukan isolasi mandiri selama 5 hari. "Kalau pun langsung ingin beraktivitas, sebaiknya terlebih dahulu melakukan rapid test antigen," jelasnya.

Editor: Yudha