Pasien Covid-19 di Anambas Bertambah 1 Orang, Total Jadi 11 Kasus
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 17-11-2020 | 20:52 WIB
corona-anambas.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pasien Covid-19 di Kepulauan Anambas bertambah usai hasil swab dinyatakan terkonfirmasi positif. Ny RE (28) merupakan pegawai honorer di Puskesmas Jemaja menjadi pasien ke-11.

Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar menyampaikan, pasien ke-11 tidak melakukan perjalanan ke luar daerah dalam 14 hari belakangan. Namun pasien ke-11 mengalami batuk dan berinisiatif melakukan rapid test.

"Hasil rapid testnya reaktif, dan dilanjutkan pemeriksaan swab menggunakan RT PCR dengan hasil positif. Sehingga saat ini pasien 11 dilakukan perawatan," ujar Sahtiar, Selasa (17/11/2020).

Sahtiar menambahkan, saat ini pihaknya melakukan tracing terhadap keluarga dan tempat beraktivitas. Dan mengimbau kepada masyarakat atau tenaga medis yang pernah melakukan kontak segera melapor kepada Satgas.

"Kembali saya tegaskan, bagi masyarakat yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien ke-11, jangan takut dan jangan malu untuk melapor. Ini merupakan salah satu cara untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 di Anambas. Untuk tempat beraktivitas pasien sudah dilakukan pemeriksaan kepada seluruh tenaga medis," terangnya.

Sahtiar mengimbau, kepada seluruh masyarakat agar tetap mengutamakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan menghidari tempat keramaian. "Kami berharap masyarakat bisa diajak kerjasama untuk memutus mata rantai covid-19 di Anambas, yaitu dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan," imbaunya.

Editor: Gokli