Seorang Dokter di Anambas Terpapar Covid-19, Total Jadi 5 Orang
Oleh : Fredy Silalahi
Sabtu | 07-11-2020 | 20:55 WIB
5-covid-anambas.jpg
Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pasien Covid-19 di Kepulauan Anambas kembali bertambah, usai hasil swab kedua keluar dengan positif. Pasien 05 dengan inisial H (25), berprofesi dokter umum di RSUD Payalaman, Kecamatan Kute Siantan.

Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar menerangkan, pasien 05 tidak memiliki riwayat perjalanan luar daerah. Namun yang bersangkutan merasa kesehatannya terganggu, sehingga berinisiatif melakukan rapid test.

"Kita belum tahu, pasien 05 ini terpapar dari mana. Namun hasil rapidnya positif, dan dilanjutkan swab ke RSUD Tarempa. Pada swab pertama hasilnya positif dan hasil yang kedua pun positif. Saat ini pasien 05 dirawat di RSUD Payalaman, karena yang bersangkutan juga tidak ada keluhan," terang Sahtiar, Sabtu (7/11/2020).

Sahtiar menambahkan, saat ini Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 tengah melakukan tracing di RSUD Payalaman. Sehingga kegiatan pelayanan di RSUD saat ini dihentikan sementara. "Untuk pelayanan kesehatan masyarakat, sementara ini kita alihkan ke Puskesmas. Dan kita fokus untuk penanganan dan pengembangan di RSUD Payalaman," jelasnya.

Sahtiar mengimbau kepada seluruh elemen untuk tidak menciptakan suasana gundah di tengah masyarakat. "Namun mari kita sama-sama mencipatakan kondisi yang tenang," ucapnya.

Sahtiar juga berpesan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. "Gunakan masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak dan jauhi kerumunan," jelasnya.

Editor: Gokli