Kasus Pertama, Pegawai Satpol PP Anambas Terkena Covid-19
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 05-11-2020 | 19:04 WIB
covid-pertama-anambas.jpg
Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Salah satu pegawai Satpol PP Kepulauan Anambas dikabarkan terpapar Covid-19. Kasus tersebut menjadi kasus pertama di Kepulauan Anambas.

Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar menerangkan, pegawai Satpol PP dengan inisial BN (37) dipastikan terpapar covid-19 usai 2 kali dilakukan swab.

"BN baru pulang perjalanan dinas dari Ranai, Natuna, Senin (2/11/2020) menggunakan KM Bukit Raya. Kemudian, setiba di Anambas, dia langsung kembali ke rumah. Rabu (4/11/2020) kemarin dia masuk kantor, dan disarankan melakukan rapid test. Ketika rapid, hasilnya reaktif sehingga dilakukan swab yang hasilnya juga positif," jelas Sahtiar, Kamis (5/11/2020).

Saat ini, kata Sahtiar, pihaknya tengah melakukan tracing terhadap keluarga BN serta tracing di Satpol PP. Untuk BN sendiri tengah diisolasi di RSUD Tarempa. Pasalnya, BN tidak merasakan keluhan.

"Selama dia tidak merasa ada yang sakit, kita akan tangani sendiri dan kita beri semangat. Tetapi kalau dia ada keluhan, maka ada kemungkinan kita rujuk," terangnya.

Sahtiar mengakui, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap Satuan Tugas Penanganan Covid-19 terhadap masyarakat yang melakukan perjalanan di luar Anambas. "Kita akan lebih memperketat pengawasan terhadap masyarakat yang baru melakukan perjalanan luar Anambas," ucapnya.

Sahtiar juga mengimbau masyarakat agar tidak terlalu panik, namun lebih mengutamakan protokol kesehatan. "Semua pihak saat ini tengah gencar melakukan patroli agar masyarakat lebih disiplin terhadap protokol kesehatan," tegasnya.

Editor: Gokli