Warga Keluhkan Sejumlah Pedagang di Tarempa Tetap Menjual Barang Kadaluarsa
Oleh : Alfredy Silalahi
Selasa | 11-02-2020 | 11:40 WIB
ilustrasi-expired1.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sejumlah warga Kecamatan Siantan mengeluhkan perilaku pedagang atau pemilik toko di Tarempa yang tetap menjual barang dagangan kadaluwarsa.

"Kejadian ini sudah sering terjadi. Tetapi tidak ada sanksi bagi para pedagang maupun pemilik toko. Sementara, akibat dari makanan kadaluwarsa sangat fatal," ujar salah satu warga Siantan, Romel, Selasa (11/2/2020).

Romel menambahkan, seharusnya para pedagang maupun pemilik toko juga harus peduli terhadap konsumen dengan cara memeriksa masa expired sebuah produk.

"Namun itu sulit terjadi, yang ada para pedagang dan pemilik toko terkesan tidak mau tahu dengan barang dagangannya. Yang seperti ini sudah pantas mendapat sanksi," jelasnya.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kepulauan Anambas, Usman mengakui masih menyusun jadwal untuk melakukan sidak pasar terkait peredaran barang dagangan yang sudah expired.

"Kami akan segera turun untuk memantau barang expired. Yang jelas, untuk tahap awal kita akan melakukan penarikan barang expired dari toko maupun pedagang," jelasnya.

Usman pun meminta masyarakat untuk tetap waspada ketika berbelanja ke toko.

"Warga juga harus teliti ketika belanja. Selain mengecek harga, masa expired juga harus diperhatikan. Demi kesehatan para konsumen itu sendiri," imbaunya.

Editor: Yudha