Ketua LAM Anambas Meninggal Dunia
Oleh : fredy Silalahi
Rabu | 11-12-2019 | 12:28 WIB
ketua-LAM-Anambas.jpg
Foto mantan Sekda Pertama Anambas dan Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Anambas, H Herdi Usman, semasa hidupnya. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Masyarakat dan Pemerintah Kepulauan Anambas berduka. Salah satu tokoh sentral di Anambas, H Herdi Usman meninggal dunia, Rabu (11/12/2019) di RSUD Tarempa, karena mengidap penyakit lever.

Mantan Sekda Pertama Anambas dan Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) tersebut dikenal dengan sosok yang ramah dan baik.

Sejumlah kerabat dari kalangan masyarakat, TNI-Polri, serta Pemerintah Kepulauan Anambas tengah berada di kediaman almarhum di Jalan Selayang Pandang.

Sekretaris LAM, Syarifudin ketika ditemui mengaku merasa kehilangan sosok pemimpin yang bijaksana, baik dan ramah. "Kami dari LAM sangat kehilangan sosok beliau yang masih bergelar Datuk Srie Setia Amanah. Selama ini beliau selalu memberikan nasehat yang positif untuk kemajuan LAM," ucap Syarifudin, Rabu (11/12/2019) di kediaman almarhum.

Syarifudin menceritakan, kalau Almarhum H Herdi Usman telah melawan penyakitnya selama 5 bulan, dan upaya medis telah dilakukan ke sejumlah rumah sakit termasuk ke Malaysia. "Beliau sudah cukup kuat melawan penyakitnya selama ini," terangnya.

Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas juga turut menyampaikan duka cita yang mendalam kepada keluarga. "Kami dari Pemerintah Kepulauan Anambas turut bela sungkawa atas wafatnya H Herdi Usman. Semoga keluarga diberi kekuatan dan ketabahan. Dan arwahnya mendapat tempat yang mulia di sisi Allah," ucapnya.

Berikut riwayat singkat Almarhum H Herdi Usman yang diperoleh dari keluarga, lahir di Tarempa, 29 September 1955. Menikah dengan Catharina Dwi Retno Erni Winarsih (Asisten II Setdakab Anambas) dan dikaruniai 2 putra dan 1 putri dan 3 cucu.

Almarhum H Herdi Usman juga merupakan pensiunan PNS yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Asisten II Setkab Natuna. Dan terakhir menjabat Sekda di Sekretariat Pemkab Anambas serta Staf Ahli Bupati Setdakab Anambas.

Editor: Chandra