Anambas Uji Coba Pembuatan Biogas dari Kotoran Sapi
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 27-11-2019 | 16:40 WIB
uji-coba-biogas.jpg
Proses uji coba biogas dari kotoran sapi di Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan (DPPP) Kepulauan Anambas uji coba fermentasi kotoran sapi jadi biogas. Hal tersebut diakui sebagai terobosan baru kepada masyarakat agar mengandangkan ternak sapi.

"Selama ini masyarakat lebih memilih membebas liarkan sapi di kebun. Dengan adanya ujicoba fermentasi kotoran menjadi biogas, diharapkan masyarakat lebih memilih mengandangkan sapi, sehingga komposisi utama fermentasi kotoran sapi lebih gampang," ucap Effi Sjuhairi, Kepala DPPP Anambas, Rabu (27/11/2019).

Effi menyinggung, uji coba pembuatan biogas tersebut baru dilakukan 7 titik di Kecamatan Jemaja Timur. Pasalnya, DPPP masih keterbatasan anggaran untuk melakukan pengembangan. "Kalau ini berhasil, kita akan lakukan pengembangan," terangnya.

Effi menambahkan, dari satu titik tangki biogas, mampu mengakomodir 4 hingga 5 rumah. Dan warga yang berada disekitar tangki telah dipasangi pipa, untuk menyalurkan gas hasil fermentasi.

"Selain gas, hasil fermentasi kotoran sapi ini juga menghasilkan pupuk cair. Jadi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat," ucapnya.

Secara tak langsung, lanjut Effi, upaya tersebut juga untuk mengajak masyarakat beternak sapi. "Manfaatnya sudah jelas bisa menjadi gas dan pupuk cair. Mudah-mudahan bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat lain untuk beternak ikan," harapnya.

Editor: Gokli