Rapat Paripurna Pengesahan APBD 2020 Minim Kehadiran OPD Jadi Sorotan DPRD Anambas
Oleh : fredy Silalahi
Selasa | 26-11-2019 | 12:52 WIB
paripurna-rpjmd-anambas1.jpg
Salah satu kegiatan Paripurna di DPRD Anambas. (Dok batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Anggota DPRD Kepulauan Anambas dari Fraksi PDI Yusli YS, menyoroti minimnya kehadiran organisasi perangkat daerah (OPD) pada Rapat Paripurna Pengambilan Persetujuan Bersama antara DPRD dan Kepala Daerah terhadap Ranperda APBD 2020.

"Ini sebagai saran dan menjadi bahan evaluasi ke depan. Saat ini kami melihat tidak semua OPD ada di ruang rapat paripurna ini, padahal apa yang kita bahas ini untuk pekerjaan mereka," kata Yusli YS, saat meminta interupsi kepada Pimpinan Rapat, Selasa (26/11/2019).

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris pun menanggapi bahwa acara sakral tersebut yang tak bisa ditinggalkan. Untuk itu pihaknya akan menindaklanjuti saran dan masukan tersebut.

"Memang benar, ini merupakan acara sakral dalam mengambil keputusan bersama. Secara teknis, yang kita bahas ini untuk pekerjaan mereka. Ini akan segera kami evaluasi," ucapnya.

Haris mengakui, sinergitas merupakan sebuah kekuatan dalam pembangunan daerah. Pasalnya, eksekutif tak akan bisa berjalan tanpa pengawasan dari DPRD.

"Kami harap sinergitas ini tetap berjalan," ujarnya.

Haris menyinggung, dirinya tak mengetahui secara pasti apa alasan sejumlah pimpinan OPD tidak mengikuti rapat pengesahan Ranperda APBD 2020.

"Tapi Kepala OPD memang lagi di luar, untuk memenuhi undangan di pusat dalam kepentingan menandatangani DAK. Seperti Pak Sekda, sedang memipin Upacara HUT PGRI di Kecamatan Siantan Selatan, mungkin ada juga sebagian Kepala OPD yang ikut ke sana. Itu mungkin, dan saya hanya mengambil sisi positif," ucapnya.

Editor: Chandra