Kesbangpol Anambas Sosialisasi Pentingnya PPWK sebagai Wadah Pemersatu Bangsa
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 18-11-2019 | 09:28 WIB
anambas-ppwk1.jpg
Sosialisasikan PPWK. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Daerah diwajibkan membentuk Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan sebagai wadah pemersatu bangsa. Wilayah Anambas baru terbentuk pada Jumat (8/11/2019) lalu.

Kepala Seksi Karakter Kebangsaan, Kemendagri, Yodi Indrawan mengatakan, pembentukan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) se-Kepri tinggal Anambas dan Lingga yang belum, seharusnya tahun 2012 lalu sudah terbentuk sesuai dengan amanah Undang-undang.

"Untuk wilayah Kepri dari 7 kabupaten dan kota tinggal dua yang belum membentuk PPWK yaitu Anambas dan Lingga," kata Yodi Indrawan saat sebagai narasumber PPWK di Anambas, Senin (18/11/2019).

Sementara sambutan Bupati Anambas yang disampaikan oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesra, Zukhrin menyampaikan, sosialisasi PPWK agar bisa lebih memahami makna persatuan dan konsesus yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penduduk Indonesia yang majemuk sehingga penting dilakukan pengokohan yang kuat dan menciptakan rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air. Fenomena masyarakat yang majemuk sehingga berbagsa dan bernegara bergeser, penduduk yang heterogen perlu ada pemahaman yang kuat akan toleransi antar umat beragama, suku, ras dan golongan.

"Bagaimanapun juga kita ini merupakan bangsa yang besar, banyak suku, agama dan golongan. Perlu rasa toleransi yang tinggi sehingga tercipta rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat," ujarnya.

Editor: Yudha