West Natuna Consortium Kembali Gelar Kompetensi Jurnalis Anambas
Oleh : Alfredy Silalahi
Selasa | 05-11-2019 | 11:40 WIB
sekda-jurnalis-anambas1.jpg
Sekda Anambas, Sahtiar saat memberikan kata sambutan sembari membuka secara resmi uji kompetensi wartawan (UKW). (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Tiga Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang bergabung dalam West Natuna Consortium (WNC) kembali mengadakan pengembangan kualitas jurnalis di Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Manager Relations dan Security Medco E&P Natuna, Drajat Panjawi yang juga mewakili manajemen WNC mengakui, program pengembangan kualitas jurnalis di Anambas sudah dijadikan program jangka panjang WNC.

"Inilah bukti komitmen dari Medco E&P Natuna, Premier Oil, dan Star Energy (tiga perusahaan yang tergabung dalam WNC) dalam pengembangan jurnalis di Anambas. Mungkin tidak hanya di sini, kami juga melakukan hal yang sama di daerah lain. Sehingga kami menetapkan program ini sebagai program jangka panjang, untuk meningkatkan kualitas jurnalis," kata Drajat Panjawi di Aula Anambas Inn saat memberikan kata sambutan pada pembukaan UKW di Anambas, Selasa (5/11/2019).

Drajat berharap, program tersebut dapat bermanfaat bagi para jurnalis, masyarakat hingga perusahaan maupun Pemerintah Daerah.

"Masyarakat sebagai pembaca butuh berita yang akurat dan kredibel. Ini lah tujuan program ini, agar menghasilkan karya jurnalistik yang akurat dan kredibel," ucapnya.

Drajat menyinggung, karya jurnalistik yang akurat dan kredibel akan membawa keuntungan bagi masyarakat laus.

"Tidak hanya itu, bagi kami perusahaan pasti senang membaca berita yang akurat dan kredibel, begitu juga dengan Pemda," terangnya.

Sementara, Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagut, Herianto Syafri menyinggung, program pengembangan kompetensi jurnalis merupakan sebuah upaya untuk menyampaikan Anambas merupakan tempat investasi yang aman.

"Ini yang harus dipahami teman-teman jurnalis, sehingga keamanan berinvestasi di Anambas tetap terjaga," jelasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar mengapresiasi langkah tersebut. Menurutnya, program tersebut merupakan program yang pertama perusahaan yang langsung diadakan di Anambas.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada perusahaan yang telah melaksanakan program ini. Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi teman-teman jurnalis," terangnya sembari membuka UKW Anambas 2019 secara resmi.

Seperti diketahui, WNC menggelar pengembangan kompetensi jurnalis bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Kali ini, tim penguji berasal dari DKI Jakarta dan Medan. Kegiatan tersebut turut juga dihadiri oleh Ketua PWI Kepri, Candra Ibrahim. Untuk peserta UKW, diikuti sebanyak 13 peserta.

Editor: Yudha