Upacara Hari Sumpah Pemuda, Sahtiar Ajak Pemuda Bendung Sisi Negatif Perkembangan Teknologi
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 28-10-2019 | 09:40 WIB
upacara-sumpah-pemuda1.jpg
Upacara Hari Sumpah Pemuda Kabupaten Anambas. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar mengajak seluruh elemen pemuda membendung sisi negatif perkembangan teknologi. Pasalnya, hal tersebut mampu melumpuhkan generasi penerus bangsa.

"Perkembangan teknologi ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan percepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya manusia dan daya saing. Disatu sisi memiliki dampak negatif yaitu informasi yang destruktif sehingga bisa membunuh karakter. Maka dari itu, pemuda harus bisa membendung dengan filter ilmu pengetahuan," kata Sahtiar, saat memimpin Upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 di Lapangan Sekretariat Pemkab Anambas, Pasir Pet, Senin (28/10/2019).

Sahtiar menegaskan, pemuda harus memiliki karakter yang tangguh. Karena ditangan pemuda lah Indonesia lebih maju. Maka dari itu perlu karakter, kapasitas, inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, agar mampu bertahan dan unggul menghadapi persaingan dunia.

"Sesuai tema Hari Sumpah Pemuda ke-91 Bersama Kita Maju sesungguhnya diperuntukkan seluruh elemen bangsa. Tetapi bagi pemuda, menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju," jelasnya.

Sahtiar menambahkan, semangat pemuda dalam membangun dunia harus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta dikancah dunia. "Disinilah diharapkan pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun, karena pemuda memberikan warna untuk merubah dunia," jelasnya.

Editor: Yudha